Kabar Bima

Syafrudin dan Pengurus Muhammadiyah Dompu Sepakat Lawan HOAX

230
×

Syafrudin dan Pengurus Muhammadiyah Dompu Sepakat Lawan HOAX

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Anggota DPR RI HM Syafrudin menggelar Sosialisasi 4 Pilar bersama Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Dompu di Gedung Pemuda Dompu, Selasa (20/3). Melaluai kegiatan tersebut, Syafrudin dan PDM Dompu menyuarakan pentingnya mencegah penyebaran Hoax.

Syafrudin dan Pengurus Muhammadiyah Dompu Sepakat Lawan HOAX - Kabar Harian Bima
Syafrudin foto besama pengurus Muhammadiyah Dompu. Foto: Istimewa

Kegiatan itu juga melibatkan 178 peserta dari berbagai elemen masyarakat. Mereka yang hadir merupakan perwakilan dari MUI Dompu, Karang Taruna, KNPI, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah (NA) Muhammadiyah, KNPI, IMM, seluruh kader Muhammadiyah mulai dari kecamatan sampai Kabupaten Dompu. Hadir pula seluruh Ketua OSIS SMA dan SMK se-Dompu, dua orang WNA, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Syafrudin dan Pengurus Muhammadiyah Dompu Sepakat Lawan HOAX - Kabar Harian Bima

Syafrudin menjelaskan, sosialisasi 4 pilar tersebut merupakan kesempatan berharga yang memungkinkan dirinya berdialog dengan berbagai elemen masyarakat.

“Ini kan bagus sekali, menunjukkan bahwa organisasi ini kita selalu berada di lingkungan masyarakat,” ujar Syafrudin melalui siaran pers yang disampaikan pada media ini.

Ia menegaskan, saat ini masyarakat memang membutuhkan penguatan pondasi berbangsa dan bernegara dalam 4 pilar. Penguatan ini penting mengingat saat ini ada begitu banyak hal-hal baru yang bisa mengancam keutuhan bangsa dan negara. Salah satu hal baru yang saat ini cukup meresahkan, adalah penyebaran berita-berita HOAX yang kerap menjadi pemicu konflik di tengah masyarakat.

“Karena itulah, saya meminta kepada masyarakat untuk cerman sebelum menanggapi berita-berita hoaks. Karena ini sangat berbahaya. Apalagi sekarang sudah ada UU ITE,” katanya.

Menurut Syafrudin, penyebar berita HOAX tidak saja akan merugikan dirinya sendiri karena ancaman sanksi pidana. Lebih dari itu, dampak tersebarnya berita hoaks bisa saja melahirkan persoalan serius. Misalnya, konflik horizontal.

“Makanya, jika kita tidak cermat, bisa menjerat siapapun karena kita menyebarkan sesuatu yang tidak benar. Makanya harus hati-hati sebelum menanggapi konten apapun di internet. Terlebih kita sekarang sedang berhadapan dengan momentum Pilkada,” ujar politisi Partai Amanat Nasional ini.

Sementara itu, Bendahara PDM Dompu sekaligus ketua panitia sosialisasi Kasturi H Talib mengutarakan pendapat senada soal pentingnya mencegah penyebaran berita HOAX. Menurutnya, hal ini memang menjadi salah satu topik yang dibahas dalam kegiatan tersebut.

“Mereka pada umumnya resah dengan banyaknya berita HOAX dan sebagainya yang akan merusak keutuhan NKRI ini. Kami sangat berterima kasih kepada H Syafrudin yang tiba-tiba datang memberikan angin segar dalam rangka merekatkan kembali semangat kebersamaan kita ini,” ujar Kasturi.

Selaku kader Muhammadiyah, Kasturi juga merasa bangga ada kader Muhammadiyah seperti Syafrudin yang mampu menjaga amanah ketika duduk di jabatan wakil rakyat tingkat pusat.

“Beliau adalah kader Muhammadiyah sejati, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi beliau adalah alumni Muhammadiyah,” tambahnya.

*Kahaba-01