Wajah Pimpinan Ada di Humas, Perannya Sangat Strategis

Kabupaten Bima, Kahaba.- Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi NTB H. Irnadi Kusuma yang menyajikan mengatakan, baik humas pemerintah maupun perusahaan memiliki peran yang strategis dalam membentuk citra organisasi.

Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi NTB H. Irnadi Kusuma. Foto: Dok Dinas Kominfo Kabupaten Bima

“Wajah pimpinan ada di humas. Humas itu adalah wajah kepala daerah,” ucapnya saat menyampaikan materi Platform Komunikasi Pemerintah NTB, pada hari ke-2 Media Gathering Program Inovasi NTB Kamis (7/6) di Hotel Holiday Resort Senggigi – Mataram.

Dikatakan Irnadi, saat ini salah satu tantangan yang harus dijawab kehumasan pemerintah yaitu menepis adanya anggapan bahwa humas pemerintah cenderung birokratis dan tertutup.

Menurut dia, pemerintah khususnya di tingkat Provinsi NTB juga menghadapi beberapa tantangan baik peningkatan akses informasi masyarakat. Munculnya informasi hoax maupun semakin beragamnya perangkat komunikasi yang digunakan di era digital.

“Makin tinggi teknologi digital maka tantangan Humas juga akan semakin berat,” ujarnya melalui siaran pers yang disampaikan Dinas Kominfo Kabupaten Bima kepada media ini.

Selain materi dari narasumber pemerintah, pada waktu yang bersamaan peserta juga mendapatkan materi ‘Rumah Belajar’ dari Pustekkom Kemendikbud,  Identifikasi materi pemberitaan melalui video dan membuat materi pelaporan,  materi  Perlindungan Anak yang dilanjutkan sesi tanya jawab dan diskusi Kelompok.

Media gathering ini menghadirkan 40 peserta dari unsur dinas komunikasi dan Informatika,  bagian humas dan Protokol, media atau jurnalis dan Fasilitator Daerah dari 6 Kabupaten mitra Inovasi  yaitu Kabupaten Lombok Utara Lombok Tengah Sumbawa Barat Sumbawa Kabupaten Bima dan Dompu.

Selama dua hari Program Inovasi peserta berbagi pengalaman beragam Rintisan khususnya Literasi dan Numerasi pada tingkat sekolah dasar.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *