Wakili Kota Bima Lomba Kelurahan Terintegrasi, Lurah Penanae Dinilai

Kota Bima, Kahaba.- Setelah menyabet juara I Lomba Kelurahan Terintegrasi Tingkat Kota Bima Juni lalu, Kelurahan Penanae Kecamatan Raba yang mewakili Kota Bima menerima kedatangan tim Provinsi NTB, Rabu (1/8).

Tim dari Provinsi saat disambut Lurah Penanae. Foto: Eric

Lurah Penanae Nurhayati dalam sambutannya menyampaikan selayang pandang tentang kondisi dan situasi terkini tentang wilayah dan perkembangannnya setiap tahun.

Kepada para tim penilai yang hadir, dirinya mempersilahkan melihat keadaan Penanae. Ada banyak potensi usaha yang dimiliki, kemudian semangat gotong royong untuk mendukung pembangunan yang terus terjaga dan warisan budaya yang tidak lekang oleh zaman.

“Wilayah kami memiliki banyak potensi usaha yang terus maju dan berkembang. Kemudian kesenian dan budaya yang masih terus dilestarikan serta partisipasi sosial kemasyarakatan yang tetap terjaga,” ujarnya.

Potensi yang dimiliki wilayahnya antara lain, usaha kerajinan dengan hasil tenun lokal, kemudian usaha pabrik jagung, perkebunan, pertanian, jajanan, kesenian gantao, budaya gotong royong masih terus terjaga, lingkungan yang tetap asri, gangguan keamanan minim, perilaku hidup bersih dan sehat tertata dengan baik.

Pihaknya percaya dan optimis, dari persiapan yang matang serta banyaknya potensi yang dimiliki. Kelurahan Penanae mampu berbicara banyak di kancah tingkat Provinsi NTB, dan menjadi yang terbaik untuk melangkah ke tingkat nasional.

Sementara itu Ketua Tim Penilai dari Provinsi NTB H Ashary menyatakan, sejak sampai di Kota Bima sudah mendapatkan kesan yang mendalam. Terutama keramahtamahan masyarakatnya, serta lingkungan yang bersih dan sehat.

Berbicara aturan, penilaian lomba kelurahan terintegrasi berdasarkan 3 poin penting, yaitu wilayah, pemerintahan dan kemasyarakatan. Bila dilihat sejenak, faktor ini telah dimiliki oleh Kelurahan Penanae.

“Ini baru pandangan awal saya saja, namun penilaian tentu kami serahkan kepada tim juri yang berjumlah 21 orang yang berkompoten,” tandasnya.

Sekda Kota Bima H Muhtar Landa menambahkan, Keluraham Penanae merupakan kelurahan ke-4 yang berada di wilayah Kecamatan Raba yang menjuarai lomba kelurahan terintegrasi. Tentu ini menjadi pengalaman yang bagus.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *