519 Unit Rumah Akan Segera Dibedah

Kota Bima, Kahaba.- Program Bedah Rumah dibawah kendali Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kelurahan (BPMK) Kota Bima tahun ini mendapatkan kucuran dana yang bersumber dari APBD Provinsi NTB dan APBD Kota Bima. Menurut Drs M. Farid, M.Si, anggaran sebesar Rp 2,5 miliar itu dalam waktu dekat akan disalurkan pada masing-masing penerima bantuan.

Ilustrasi

“Bantuan dari APBD Provinsi NTB sebesar Rp 1 miliar, kemudian APBD Kota Bima menganggarkan sebanyak Rp 1,5 miliar. Bantuan tersebut akan dicairkan dalam waktu yang tidak lama lagi,” ujar Kepala BPMPK Kota Bima itu saat ditemui di kantor Pemkot Bima, Kamis (1/11/2012).

Untuk penyaluran bantuan itu, Farid mengungkapkan bahwa pencairan akan  diserahkan kepada masing-masing kelompok yang telah di bentuk oleh pemerintah Kelurahan. Masing-masing peserta program Bedah Rumah akan mendapatkan kucuran dana senilai Rp 5 juta.

Lanjut Farid, untuk dana dari APBD Provinsi NTB, masyarakat yang bakal menerimanya yakni dari Kecamatan Raba, dengan jumlah rumah yang akan di bedah sebanyak 200 unit. Sedangkan kucuran dari dana APBD Kota Bima, diberikan untuk masyarakat yang ada di Kecamatan Rasanae Timur, Kecamatan Rasanae Barat, dan Asakota. “Jumlah rumah yang akan di bedah dari dana APBD Kota Bima sebanyak 319 unit, sehingga di akhir program ditargetkan 519 unit rumah selesai dibedah,” terangnya.

Program ini ditujukan untuk rumah tinggal warga yang kondisinya layak untuk dibedah. Pendataan sasaran tersebut akan dilakukan oleh pemerintah Kelurahan. Setelah pendataan itu dilakukan, tim yang terdiri dari BPMPK, Bappeda, Dinas PU, Dinas Tata Kota dan Perumahan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan serta tingkat Camat dan Lurah, akan melakukan survei untuk menentukan rumah mana saja yang akan dibedah. [BS]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *