Peringati Hari AIDS, KSM Gelar Aksi Teatrikal

Kota Bima,Kahaba.- Momentum peringatan hari HIV/AIDS sedunia banyak diisi dengan kegiatan sosialisasi dan penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya memerangi penyakit mematikan tersebut. Tak terkecuali Komunitas Sarangge Mbojo (KSM) Bima, sekumpulan anak muda ini pada hari  Sabtu (1/12/2012) menggelar aksi teatrikal di jalan raya untuk mengajak masyarakat Kota Bima berperilaku sehat dalam pergaulan sehingga dijauhkan virus tersebut.

Aksi Teatrikal KSM dalam memperingati hari HIV/AIDS sedunia. Foto: Bin

Dimulai pukul 16.00 wita, KSM Bima menggelar long march dari Taman Ria menuju perempatan Gunung Dua. Dalam pengawalan ketat aparat Polres Bima Kota, puluhan pemuda yang sudah dilumuri oleh cat berwarna hitam dan putih tersebut menggelar aksi teatrikal di sepanjang jalan tersebut.

Berdasarkan keterangan pers koordinator lapangan, Agusman, aksi tersebut dilandasi oleh rasa kepedulian terhadap sesama, karena penyakit HIV/AIDS dewasa ini telah menyebar luas hingga ke pelosok daerah. “Kami melakukan hal ini supaya masyarakat muda maupun tua bisa memperkuat kewaspadaan. Jika terus dilakukan penundaan, maka menjadi ancaman bencana kedepan,” katanya.

Pola penyebaran penyakit itu,disebutkan Agusman bermula dari kaum homosex, pecandu obat dan narkotika, WTS. Bahkan wanita hamil yang bukan tunasusila pun berpotensi untuk terjangkit penyakit tersebut. “Sekarang, penyakit itu sudah mengancam seluruh lapisan dan kalangan,” ujarnya.

Untuk itu, seluruh pihak diimbaunya bisa terlibat dalam perang melawan HIV/AIDS. Perilaku hidup tidak sehat dan jauh dari agama itu, menurutnya harus menjadi musuh bersama untuk membendung penyebaran penyakit yang belum bisa disembuhkan itu. [BK]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *