Pemkab Bima Gelar Sarasehan Nasional, Peringati HUT Bima ke-376

Kabupaten Bima, Kahaba.- Memperingati Hari Jadi Bima ke-376 tahun 2016, selain dimeriahkan dengan beberapa kegiatan bernuansa budaya, juga diisi dengan Sarasehan Nasional dengan tema, ‘Menuju Kabupaten Bima yang RAMAH, Dengan Kearifan Budaya Lokal’, Kamis (21/7) di Aula Hotel Mutmainah Kota Bima.

Bupati dan Wakil Bupati Bima. Foto: Bin

Bupati dan Wakil Bupati Bima. Foto: Bin

Kegiatan berskala nasional itu merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Bima bersama KPU Kabupaten Bima dan Central for Election and Political Party (CEPP) Unilink STKIP Taman Siswa Bima.

“Forum ilmiah ini diharapkan dapat menjadi landasan pemikiran bagi terwujudnya pembangunan Bima yang RAMAH. Disamping melahirkan rekomendasi untuk kebijakan pembangunan Kabupaten Bima,” ujar salah seorang perumus Ibnu Khaldun.

Sarasehan Nasional rencananya mengundang 150 peserta dari berbagai unsur Pemerintah Pusat, Provinsi, Daerah, masyarakat sipil dan pengusaha. Sementara, pembicara pada kegiatan ada 3 orang yaitu Ahmad Thib Raya, membahas pembangunan sosial keagaamaan menuju Bima yang RAMAH, Hamdan Zoelva membahas pembangunan hukum dalam mewujudkan Bima yang RAMAH dan Kadri, membahas Komunikasi Pemerintahan yang Efektif dalam mewujudkan Bima yang RAMAH dengan Moderator Ibnu Khaldun Sudirman.

Pria yang bergelar Doktor itu menambahkan, sejak masa Kesultanan, Pemerintahan Swapraja, masa kemerdekaan, orde baru, sampai dengan masa reformasi pembangunan Bima terus berjalan seiring dengan perubahan siklus kepemimpinan.

“Sebagai Kepala Daerah perempuan pertama di Kabupaten Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri mendapatkan mandat untuk melanjutkan program pembangunan dalam rangka mempercepat pembangunan manusia seutuhnya,” tuturnya.

Peluang untuk melakukan percepatan dapat dilakukan karena telah memiliki tingkat kepercayaan yang relatif tinggi dari masyarakat (pemilih). Perhatian besar dari Pemerintah Pusat (kunjungan Presiden), potensi SDM kelahiran Bima yang menduduki jabatan penting di tingkat nasional dan keunggulan Sumber Daya Alam (bisa dilihat dari besarnya perhatian pemerintah pusat pada Bima pada masa-masa awal pemerintahannya.

Dengan modal tersebut diatas dan didukung oleh potensi sumber daya alam yang relatif unggul akan menjadi pemicu datangnya para investor untuk mendukung percepatan pembangunan Kabupaten Bima.

“Karena itu, Sarasehan Nasional ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran berharga bagi Pemerintah Daerah,” jelasnya.

*Bin/Hum

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *