Desa Tolowata Bangun Gedung Serba Guna dari Dana Desa

Kabupaten Bima, Kahaba.- Masyarakat Desa Tolowata Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima patut bersyukur saat ini mereka tidak kesulitan lagi tempat pertemuan dan menggelar acara. Pemerintah Desa Tolowata telah membangun Gedung Serba Guna yang respresentatif dari dukungan dana desa untuk kepentingan masyarakat.

GSG Desa Tolowata tampak dari luar. Saat ini sudah mulai digunakan masyarakat. Foto: Dok Desa Tolowata

Kepala Desa Tolowata Juardin mengatakan, Tolowata merupakan desa pertama yang menganggarkan untuk pembangunan Gedung Serba Guna di Kecamatan Ambalawi. Penganggarannya dilakukan dua kali yaitu tahun 2016 senilai Rp250 juta dan tahun 2017 senilai Rp355 juta lebih bersumber dari dana desa.

“Sementara untuk tahun 2018 pemerintah desa hanya menganggarkan untuk pengecatan sebagai tahap finishing GSG Tolowata,” jelasnya kemarin.

Meski begitu kata dia, GSG sudah mulai difungsikan. Satu kali untuk pelantikan kepala dusun dan dua kali untuk resepsi pernikahan. Lokasi GSG memang sedikit jauh dari jalan utama, tetapi pihaknya memastikan kondisi itu tidak menurunkan minat masyarakat untuk menggunakannya.

“Disamping gedungnya cukup luas, ruangannya juga sejuk. Apalagi disekeliling GSG rencananya akan kita kembangkan menjadi pusat olahraga dan perbelanjaan,” terangnya.

Sekretaris Desa Tolowata Arif Rahman menambahkan, berdasarkan hasil musyawarah dengan BPD dan tokoh masyarakat GSG sistemnya akan disewakan. Bagi warga Desa Tolowata akan dikenakan tarif Rp500 ribu sekali pakai. Sedangkan untuk warga dari luar desa dikenakan tarif Rp1 juta satu kali pakai.

“InsyaAllah GSG ini ke depan akan menjadi sumber PADes Tolowata. Meskipun sementara ini belum ditargetkan PADes-nya. Ini sebagai langkah awal dulu untuk mempromosikan GSG,” tuturnya.

GSG yang dibangun lanjutnya, sangat strategis untuk berbagai kegiatan dengan luas 32 x 18 meter bagian dalam. Ditambah pelataran 4 meter sehingga total panjangnya 36 meter. Secara bertahap, GSG juga akan dilengkapi dengan fasilitas untuk menunjang berbagai kegiatan.

“Sementara ini memang baru baru WC saja yang disediakan. Rencana kita ke depan fasilitas akan dibangun sekaligus ada sekretariat untuk kegiatan-kegiatan lain,” tandasnya.

*Kahaba-03  

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *