Dinas Dikbud Bimtek Guru Operator TK, PAUD dan Dikmas

Kota Bima, Kahaba.- Meningkatkan kompetensi guru operator Dapodik TK, PAUD dan Dikmas se-Kota Bima, Dinas Dikbud menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada 40 peserta operator, di aula Gedung Seni Budaya (GSB), Senin (1/10).

Kadis Dikbud H Alwi Yasin saat membuka Bimtek Operator TK PAUD dan Dikmas. Foto: Eric

Ketua panitia kegiatan Hj Dewi Triyani dalam laporannya menyampaikan, bimbingan teknis ini berguna untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan, serta kemampuan operator sekolah. Sehingga mengurangi permasalahan operator yang timbul saat bekerja. Diantaranya tata cara prosedur pengisian Dapodik yang baik dan benar.

“Melalui bimtek ini, kami ingin meningkatkan kompetensi operator sebagai petugas entri data, sesuai data yang diberikan oleh PTK yang disesuaikan dengan kebutuhan,” ujarnya.

Saat ini, wanita yang juga Kabid PNF Dinas Dikbud tersebut mejelaskan, SDM operator masih sangat minim tentang tata cara mengolah dan mengisi data Dapodik. Sehingga ke depan, para operator ini tidak lagi mengalami keterlambatan disaat dinas meminta data Dapodik.

“Tugas oprator itu sudah jelas, yaitu membuat jadwal pendataan, menginstal aplikasi Dapodik, mengentri data yang telah diisi oleh PTK hingga mencetak profil sebagai laporan pekerjaan,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Dikbud Kota Bima H Alwi Yasin mengungkapkan, bimtek ini dapat mengembangkan kemampuan serta keahlian para operator, agar dapat memecahkan masalah  yang dihadapi saat menjalankan tugas.

“Semakin meningkatnya perkembangan tekhnologi, maka ilmu dan pemahaman operator juga harus ditingkatkan melalui bimtek dan pelatian pengembangan SDM,” tandasnya.

Alwi berharap, dengan terselenggaranya bimtek tersebut seluruh operator dapat mengkuti sampai tuntas. Sehingga apa yang menjadi tujuan kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan bisa diaplikasikan.

“Setelah mengikuti bimtek ini, diharapkan kepada para peserta juga intens berdiskusi dan berdialog dengan pihak yang berpengalaman tentang operator. Agar referensi dan ilmu bertambah, sehingga dapat membantu dalam menjalankan tugasnya,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *