Bertemu Wawali Bima, BSMI Paparkan Kiprah Kemanusiaan 

Kota Bima, Kahaba.- Untuk pertama kalinya Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Kota Bima. Wakil Walikota (Wawali) Bima Feri Sofiyan pun menyempatkan waktunya, untuk mendengarkan tentang keberadaan organisasi kemanusiaan tersebut bersama kiprahnya di Bima selama ini.

BSMI Kota Bima saat audiensi dengan Wawali Bima. Foto: Eric

Sekretaris BSMI Kota Bima Syahril Ramadhan dihadapan Wawali memaparkan, BSMI merupakan lembaga yang berkhidmat dalam bidang kesehatan dan sosial di Indonesia. Keberadaannya kini sudah menyebar di seluruh daerah, termasuk di Kota Bima.

“Di Kota Bima pak wakil, BSMI sudah terbentuk sejak dulu. Setiap tahun BSMI memiliki program kerja yang terus dijalankan,” ujarnya di ruangan orang nomor 2 di Kota Bima itu, Kamis (18/10).

Bahkan selama 5 tahun terakhir ungkapnya, BSMI Kota Bima terus bergerak menjalankan program. Selain rutin melaksanakan pengobatan dan sunatan massal gratis disejumlah pelosok Kota Bima dan Kabupaten Bima. BSMI juga acapkali diminta kesediaannya untuk bermitra dengan sejumlah instansi pemerintah dan lembaga lain pada kegiatan sosial.

“BSMI juga menjadi organisasi digaris depan membantu penanganan masyarakat yang terluka saat banjir bandang Desember 2016 lalu,” ungkapnya.

Demikian juga yang dilakukan oleh BSMI Kota Bima saat bencana banjir di Kabupaten Dompu dan gempa bumi di pulau Lombok beberapa waktu lalu. BSMI dengan perangkat seadanya meluncur ke lokasi bencana dan memberikan penanganan kesehatan.

Dari pemaparan yang disampaikan tersebut kata Syahril, BSMI menawarkan diri untuk menjadi mitra pemerintah daerah untuk ambil bagian membantu dibidang kemanusiaan, kesehatan dan sosial.

“Keinginan ini sebenarnya pernah kami ajukan melalui BPBD Kota Bima. Tapi tidak ada respon, hingga kini,” tuturnya.

Melalui pertemuan ini, dirinya berharap Pemerintah Kota Bima mau menyamakan persepsi dan program untuk berjalan bersama memberikan pelayanan kesehatan dengan cepat dan terbaik saat bencana dan sejumlah kegiatan sosial lainnya.

Sementara itu Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan mengapresiasi inisiatif BSMI untuk bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bima. Bahkan siap membantu program BSMI pada tahun – tahun mendatang.

“Keberadaan BSMI tentu akan sangat membantu pemerintah, baik itu melalui sumbangsih tenaga, pikiran dan keahlian dibidang kesehatan,” ucapnya.

Menurut Wawali, apa yang menjadi tugas BSMI tentu selaras pula dengan tugasnya sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bima, yaitu bekerja demi kemaslahatan masyarakat.

“Inshaa allah melalui silaturahim dan audensi hari ini, dapat berlanjut untuk bekerjasama dalam program kemanusiaan. Niat baik BSMI ini merupakan energi positif bagi pemerintah,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *