Kabar Bima

Wawali Pimpin Rapat Ekspose Hasil Pekerjaan Analisis Struktur Masjid Agung Al Muwahiddin

230
×

Wawali Pimpin Rapat Ekspose Hasil Pekerjaan Analisis Struktur Masjid Agung Al Muwahiddin

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Wakil Walikota (Wawali) Bima Feri Sofiyan memimpin rapat ekspose hasil pekerjaan analisis struktur Masjid Agung Al Muwahiddin Kota Bima, yang disampaikan Fakultas Teknik Universitas Mataram, di Ruang Rapat Walikota Bima, Senin kemarin.

Wawali Pimpin Rapat Ekspose Hasil Pekerjaan Analisis Struktur Masjid Agung Al Muwahiddin - Kabar Harian Bima
Wakil Walikota Bima saat pimpin rapat ekspose hasil pekerjaan analisis struktur Masjid Agung Al Muwahiddin. Foto: Ist

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Kesra dan SDM, perwakilan Bappeda dan Litbang, Unsur PUPR, Unsur Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Kabag Kesra, Kabag Administrasi Pembangunan, Ketua Yayasan Masjid Agung Al Muwahidin Bima dan Direktur CV Decsa Consultant.

Wawali Pimpin Rapat Ekspose Hasil Pekerjaan Analisis Struktur Masjid Agung Al Muwahiddin - Kabar Harian Bima

Wawali menyampaikan, ekspose hasil pekerjaan analisis struktur Masjid Agung Al Muwahiddin Kota Bima ini menjadi salah satu keseriusan pemerintah dalam upaya mendorong percepatan penuntasan masjid tersebut.

“Semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama pembangunan Masjid Al Muwahiddin Bima dapat segera terselesaikan, karena ini adalah mimpi kita semua. Kita menginginkan Masjid Agung Al Muwahiddin menjadi ikon Kota Bima. Di dalam masjid ini nantinya menjadi pusat kegiatan keagamaan di Kota Bima maupun Kabupaten Bima,” ungkapnya.

Feri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim dari UNRAM yang telah berpartisipasi memberikan saran dan masukan untuk pembangunan Masjid Al Muwahiddin Bima. Bahwa untuk tahun anggaran 2019 ini, jumlah bantuan Pemerintah Kota Bima untuk pembangunan Masjid Agung Al Muwahiddin sebesar Rp 10 Miliar.

“Saya harapkan, bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat dan dapat berguna bagi percepatan penyelesaian pembangunannya,” harap Wawali diakhir arahannya.

Adapun tim teknis Jurusan Teknik Sipil  Fakultas Teknik Universitas Mataram terdiri dari Ketua Tim Pathurahman (Ahli Forensik Bangunan), anggota  Suparjo (Ahli Struktur) dan  Jauhar Fajrin (Ahli Material).

Dari Analisa Kelayakan Struktur Bangunan Masjid Agung Al Muwahidin Kota Bima merekomendasikan beberapa hal diantaranya perkuatan menggunakan metode Fiber Reinforced Plastic (FRP). Metode ini tidak memberikan tambahan beban yang signifikan terhadap struktur.

Selain itu, direkomendasikan pula oleh tim agar pengerjaan pembangunan Masjid Agung Al Muwahiddin Bima dilaksanakan oleh ahli, sehingga keandalannya lebih terjamin. Metode perbaikan yang saat ini sedang dilaksanakan bisa saja dilanjutkan dengan syarat harus dilakukan dengan pertimbangan teknis yang layak dan kontrol yang baik selama proses pengerjaannya.

*Kahaba-01