Ketua MK Beri Motivasi dan Kisah Inspiratif di SMAN 1 Woha

Kota Bima, Kahaba.- Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) H Anwar Usman berkesempatan menyampaikan motivasi dan inspirasi di hadapan ratusan pelajar di Kabupaten Bima, Kamis (22/8). Kegiatan Sosialisasi Motivasi dan Inspirasi dengan tema “Remaja Milenial Sadar Hukum, Tangguh, Bermoral dan Berprestasi” itu dihelat di SMAN 1 Woha.

Ketua MK Anwar Usman menyampaikan motivasi dan kisha inspiratitf di SMAN 1 Woha. Foto: Bin

Mengawali sambutannya, pria asli Bima yang lahir di Desa Dadibou Kecamatan Bolo itu mengaku, kenapa dirinya bisa hadir di SMAN 1 Woha dan berbagai kesempatan di daerah, karena setiap surat dan undangan yang masuk, ia akan menghadirinya selama berkesempatan dan tidak berhalangan.

“Kalau ada kesempatan, tetap saya usahakan, karena ini juga bagian dari ibadah,” ucapnya.

Anwar juga mengutarakan sejarah singkat sehingga dirinya bisa menjadi Ketua MK. Merantau dan menjadi seorang guru honorer di Ibu Kota Jakarta, tak menyurutkan semangatnya meraih mimpi. Sambil mengajar, dirinya pun menimba ilmu di perguruan tinggi. Hingga dirinya menjadi pejabat negara sekarang, bukti dari kesungguhan dan kerja keras selama ini.

Di hadapan ratusan pelajar setempat pun Anwar mengungkapkan, orang-orang hebat sekarang di negeri ini, bukan berasal dari keluarga yang kaya raya. Tapi orang sederhana yang berangkat dari kesungguhan berusaha.

“Makanya jangan dikira Bima ini daerah kecil, daerah tertinggal. Boleh dinilai begitu, tapi SDM nya unggul, sumber daya alam yang luar biasa. Tidak sedikit orang Bima yang sudah menjadi orang besar dan memegang posisi penting di negara ini,” ungkapnya.

Ketua MK bersama Wakil Bupati Bima dan Kapolres Bima saat hadir di kegiatan yang digelar SMAN 1 Woha. Foto: Bin

Kepada pelajar yang hadir di acara itu, lebih khusus generasi muda sekarang Anwar juga berpesan agar selalu hidup dengan kesederhanaan. Sebab kesederhanaan melahirkan keistimewaan. Sementara hidup bermewah-mewah, justru akan meruntuhkan harapan.

“Jangan tergoda dengan kemilau dunia, semua itu palsu. Jangan sampai juga terjerat narkoba, karena sangat berbahaya untuk masa depan kalian,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Anwar juga lebih banyak mengisahkan tentang sikap Rasul Muhammad SAW dan sahabatnya yang harus diteladani oleh generasi sekarang. Apalagi di zaman sekarang yang telah dikuasai ilmu dan teknologi. Maka, memberi pelajaran paling muzarab untuk para generasi bukan dengan merasuki setiap pikiran mereka, karena semua memiliki jalan pikiran masing-masing. Tapi yang paling utama adalah memberikan contoh dan keteladanan.

“Makanya Allah mengutus Nabi Muhammad SAW, untuk menyempurnakan akhlak,” katanya mengutip salah satu ayat Al Quran.

Demikian pun yang harus dilakukan sekarang sambungnya, oleh para orang tua, para pemimpin dan para guru, berikan keteladan yang baik untuk para generasi. Bekerja dan melakukan segala hal dengan hati yang tulus serta niatkan untuk ibadah.

Ketua MK Anwar Usman menyampaikan motivasi dan kisha inspiratitf di SMAN 1 Woha. Foto: Bin

Di hadapan para pelajar yang hadir juga dirinya menaruh harapan agar tidak berputus asa, meski dimana pun tempat lahir dan dibesarkan. Anwar memberi contoh seperti dirinya dan mantan Ketua MK Hamdan Zoelva yang juga lahir dari Bima, namun bisa menjadi pejabat penting di negara.

“Harus ditanamkan dalam hati dan pikiran, jika kami berdua bisa menjadi Ketua MK, lantas kenapa kalian tidak bisa,” tegasnya.

Usia menyampaikan motivasi dan sejumlah kisah inspiratif di hadapan para pelajar dan undangan yang hadir. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sejumlah siswa juga nampak antusias menyampaikan beragam pertanyaan.

Untuk diketahui, acara itu juga dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Bima, Kapolres Bima, sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bima dan perwakilan dari TNI Polri, Kejaksaan dan Pengadilan Bima.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *