oleh

Jaga Stabilitas Harga Beras, Bulog Bima Gelar Operasi Pasar

-Kabar Bima-1 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Perum Bulog Cabang Bima menggelar pasar murah dalam acara HUT ke-74 TNI, di Kota Bima (23/9). Pada acara tersebut Perum Bulog Cabang Bima menyediakan beberapa produk, di antaranya beras medium, beras premium, minyak, tepung terigu dan gula.

Kepala Perum Bulog Cabang Bima bersama Danrem WB 162 saat berada di Operasi Pasar. Foto: Ist

Kepala Perum Bulog Cabang Bima Sawaludin Susanto menyampaikan, kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) ini rutin dilaksanakan oleh Bulog Cabang Bima, guna menjaga stabilisasi harga bahan pokok, utamanya beras. Baik melalui Operasi Pasar dengan kerjasama dengan instansi lain ataupun Operasi Pasar Mandiri.

“Sebagaimana diketahui hari ini (24/9) dilaksakan launching kegiatan KPSH di seluruh Indonesia oleh Bapak Dirut Bulog Bapak Budi Waseso,” ujarnya melalui siaran pers yang disampaikan ke media ini.

Kata Anto, sapaan akrabnya, masyarakat dapat langsung belanja ke Bulog baik sebagai suplier ataupun sebagai konsumen dan Perum Bulog Cabang Bima, karena menjamin harganya di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET).

Ia menjelaskan, harga eceran beras kualitas medium curah sendiri HET nya untuk NTB sesuai Permendag sebesar Rp 9.450 per kg, namun oleh Bulog Cabang Bima eceran beras medium curah seharga 8.500 per kg. Artinya, jauh dibawah HET yang ditentukan oleh Pemerintah.

Sementara untuk beras kualitas Premium HET Pemerintah Rp 12.800 per kg, dan Bulog Cabang Bima menyediakan mulai dari harga 10.000 per kg.

“Stok beras yang dikuasai oleh Perum BULOG Cabang Bima sekitar 20.000 ton dengan ketahanan stok sampai dengan tahun 2019. Artinya masyarakat tidak perlu khawatir terkait stok, karena Perum Bulog Cabang Bima menjamin keamananan dan ketersediaan stok untuk Wilayah Bima dan Dompu sampai dengan tahun depan,” jelasnya.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru