oleh

Setelah Woha, Telkom Bangun Proyek Jaringan Fiber di Sape, Bara dan Kempo  

-Kabar Bima-10 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Tuntas membangun jaringan Fiber To The Home (FTTH) di Kecamatan Woha, Kantor Daerah Telkom (Kandatel) Bima Januari ini mulai membangun jaringan yang sama di Kecamatan Sape Kabupaten Bima dan Bara serta Kempo Kabupaten Dompu.

Kepala Kandatel Bima Syarifuddin. Foto: Bin

Kepala Kandatel Bima Syarifuddin mengatakan, pembangunan jaringan fiber akan diperluas, sehingga pelanggan bisa menikmati kecepatan internet dibanding jaringan sebelumnya.

“Januari ini kita mulai mengerjakan di lokasi baru tersebut,” katanya, Selasa (14/1).

Diakui Syarifuddin, pembangunan jaringan fiber ini tidak menganggu aktivitas pelanggan pada jaringan sebelumnya. Semua tetap berjalan seperti biasa, hanya saja jaringan tembaga diubah menjadi jaringan fiber.

Jaringan fiber merupakan teknologi yang pernah digunakan sebelumnya, dengan jenis kabel optic yang menuju ke rumah-rumah pelanggan. Hanya saja, fiber ini memiliki jaringan internet yang super cepat.

“Internetan sebelumnya berkapasitas maksimal 3 MB, itu pun kalau kabel tembaganya bagus. Tapi fiber ini kecepatan mencapai 20 – 100 MB,” sebutnya

Ditanya apakah untuk daerah lain jaringannya tidak diganti? Syarifuddin mengaku, Lambu dan Wera juga diusulkan untuk membangun jaringan fiber tersebut. Tapi belum disetujui.

Namun ia memastikan, setelah di wilayah Sape, Bara dan Kembo dibangun, maka ke depan sejumlah daerah lain di Kabupaten Bima dan Dompu juga akan dibangun.

“Next untuk Sape dan Wera, Insya Allah,” ucapnya.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru