oleh

Hari Terakhir Kunker, Rombongan Pemkot Bima Berkunjung ke Kelurahan Pejanggik

-Kabar Bima-3 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Setelah berkunjung di Pemerintah Kota Mataram dan BPKP NTB, rombongan Pemerintah Kota Bima dan aparatur kecamatan dan kelurahan di hari terkahir mengunjungi Pemerintah Kelurahan Pejanggik, Jumat (13/3).

Foto bersama rombongan Pemkot Bima saat berkunjung ke Kelurahan Pejanggik Kota Mataram. Foto: Ist

Kabag AP melalui Kasubag Otonomi Daerah (Otda) M Erwinsyah menyampaikan, kunjungan tersebut untuk belajar langsung dan sharing pengetahuan mengenai inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat, pemberdayaan masyarakat serta tatakelola keuangan dana kelurahan.

Kelurahan Pejanggik merupakan perwakilan Provinsi NTB untuk mengikuti lomba kelurahan terintegrasi tingkat nasional. Jadi pihaknya mesti banyak belajar dan menggali informasi lebih dalam terkait sistem dan program kerja, agar menjadi yang terbaik.

“Alhamdulillah, selama kunker banyak yang kita pelajari tentang program dan inovasi yang mereka dilakukan. Sehingga ke depan bisa kita terapkan aplikasi tersebut di daerah,” ujarnya.

Erwin menuturkan, kehebatan Pemerintah Kelurahan Pejanggik menjadi yang terbaik di NTB, karena salah satu program kerja yang inovatif dan brilian. Seperti memiliki aplikasi sistem pelayanan administrasi kemasyarakatan. Karena ketika masyarakat ingin membuat surat menyurat, harus terlebih dahulu membayar PBB (Pajak Bumi dan Bangunan). Apabila masyarakat belum memenuhi kewajiban dalam membayar PBB, maka secara otomatis akan tertolak sementara oleh aplikasi.

“Ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk taat pajak, dan yang utama adalah meningkatkan PAD pemerintah daerah” katanya.

Erwin mengungkapkan, usai kunjungan kerja jajarannya mendapat hadiah istimewa dari Lurah Pejanggik Kota Mataram. Yaitu siap memberikan aplikasi sekaligus dengan tata cara penggunaan aplikasi tersebut kepada Pemerintah Kota Bima.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru