Pencairan Dana BOS SD SMP di Kabupaten Bima Berubah

Kabupaten Bima, Kahaba.- Jika pada tahun-tahun sebelumnya penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SD dan SMP dilakukan mulai dari Pusat ke Kas Provinsi lalu ke Sekolah, tahun ini proses penyaluranya berbeda. Mulai tahun 2020, penyaluran bantuan tersebut langsung dari pusat ke rekening sekolah.

Kasi Sapras dan Bantuan Dikbudpora Kabupaten Bima, Andi Firmansyah. Foto: Yadien

Kasi Sapras dan Bantuan Dikbudpora Kabupaten Bima Andi Firmansyah mengatakan, selain alurnya yang berubah, waktu penyaluran juga berubah. Sebelumnya dilakukan prer tri wulan, namun mulai tahun ini dilakukan per cawu.

“Kalau tahun lalu pencairannya 4 kali dalam setahun. Kini pencairan 3 kali dalam setahun.  Pencairannya juga tidak serentak. Siapa yang cepat sampaikan laporan pengunaan secara online, maka BOS akan cair,” ujarnya, Selasa (26/5).

Kemudian menyangkut nominalnya BOS kata dia, masing-masing sekolah berbeda-beda. Hal itu tergantung jumlah siswa dalam sekolah tersebut.

“Kalau siswanya banyak berarti BOS di sekolah setempat besar,” katanya.

Ia membeberkan, tahun ini nominal dana BOS juga juga semakin besar. Sebelumnya satu siswa SD dihitung Rp 800 ribu dan SMP Rp 1 juta. Sementara tahun ini 1 siswa SD dihitung Rp 900 ribu dan SMP Rp 1,1 juta.

“Itu total perhitungan dalam setahun per siswa. Baik SMP dan SD masing-masing naik Rp 100 ribu per siswa,” bebernya.

Dia berharap pada pihak sekolah untuk masing-masing menggunakan BOS sesuai juklak juknisnya. Sebab BOS itu salah satu dana untuk peningkatan dan kemajuan dunia pendidikan. Khusus dalam kondisi pandemi Covid-19 ini yakni lebih pada kegiatan belanja pegawai atau tenaga pendidikan.

“Gunakan BOS sesuai petunjuk. Demi kemajuan dunia pendidikan,” imbaunya.

*Kahaba-10

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *