Pemdes Nggembe Sulap Tempat Kumuh Jadi Taman Hortikultura dan Apotek Hidup

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Desa Nggembe terus berupaya memajukan dan memperindah desa. Yang terbaru, menyulap tempat kumuh yang sebelumnya dijadikan tempat pembuangan sampah liar, menjadi taman hortikultura dan apotek hidup.

Kades Nggembe Yusuf Azis saat melihat tanaman di taman hortikultura dan apotek hidup. Foto: Yadien

Kepala Desa Nggembe Yusuf Azis mengatakan, upaya itu dilakukan untuk memperindah wilayah setempat. Terlebih lokasinya yang berada di pinggir jalan dan dekat dengan kantor desa.

“Selama ini kumuh. Warga banyak yang buang sampah di sini,” ungkapnya, Selasa (14/6)

Menurut Yusuf, selain berfungsi memperindah, upaya itu juga diharapkan menjadi contoh bagi warga agar bisa memanfaatkan halaman dan pekerangan rumah yang kosong untuk ditanami sayur atau tanaman obat.

“Kami harap, ini bisa memicu kesadaran warga untuk melakukan hal yang sama,” inginnya.

Dengan begitu sambungnya, tanaman-tanaman di pekerangan rumah juga akan mampu memberikan dampak ekonomi keluarga. Karena warga sudah tidak perlu lagi beli sayur atau tanaman obat.

“Kalau butuh sayur bisa langsung petik di halaman rumah masing-masing,” tuturnya.

Kades membeberkan, di taman hortikultura dan apotek hidup milik Pemdes tersebut pihaknya menanam sejumlah jenis sayur, seperti kangkung, terong dan sebagainya. Selain itu, juga ditanami tanaman obat.

*Kahaba-10

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *