Limbah Cair di Street Corner Dikeluhkan Warga, DLH Turun Cek

Kota Bima, Kahaba.- Menindaklanjuti pengaduan warga di sekitar tentang limbah cair di Street Corner yang menggenangi drainase samping kiri menuju SMPN 2, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) turun untuk mengecek langsung dan memberikan teguran kepada Owner pemilik usaha tersebut.

DLH saat turun cek limbah cair yang dihasilkan Street Corner. Foto: Ist

Kepala DLH Kota Bima Alwi Yasin mengaku, beberapa hari terakhir menerima pengaduan warga sekitar, mengeluhkan limbah cair yang dibuang pada drainase. Padahal, limbah dari hasil usaha itu terlebih dahulu diolah, sebelum dibuang.

“Hari ini langsung turun untuk menegur, agar dilakukan tindaklanjut penanganan limbah yang dihasilkan. Jangan sampai seperti yang terjadi di Rocket Chicken Bima, masalahnya seperti itu sampai dilapor warga ke polisi,” katanya, Rabu (12/8).

Menurut Alwi, limbah cair itu harus diolah sebelum dibuang ke drainaae. Artinya harus ada tempat pengolahan limbah, sehingga standar air yang bisa dibuang, tidak berbau, beracun dan tidak berwarna.

Dari hasil turun cek, disepakati antara pemilik Street Corner dan warga yang hadir sejumlah rekomendasi yang harus dilakukan pemilik Street Corner. Seperti Street Corner harus mengolah limbah dengan IPAL dan atau membuat sumur resapan. Kemudian menata dan mempercantik lingkungan kerja dengan menanam bunga dan pohon penyerap bau.

Warga di sekitar juga diharapkan untuk sama – sama menjaga kebersihan dan masing-masing membersihkan saluran depan rumah agar air di drainase bisa mengalir.

“Warga juga tadi mengusulkan agar pemerintah segera memperbaiki drainase di lingkungan sekitar Street Corner,” tambahnya.

*Kahaba-01

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *