Uji Kreatifitas MABA, STIE Bima Gelar Bazar

Kota Bima, Kahaba.- Ada banyak cara yang dilakukan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima dalam melatih kreatifitas mahasiswa. Salah satunya adalah mengadakan kegiatan Bazar bagi Mahasiswa Baru (MABA), Minggu (20/9) yang dipusatkan di STIE Bima.

Suasana Bazar yang digelar STIE Bima. Foto: Ist

Ketua STIE Bima, Firdaus menjelaskan kegiatan bazar tersebut merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Bisanya dilakukan pada awal-awal sebelum kegiatan perkuliahan dilakukan dan diperuntukan bagi mahasiswa baru.

“Misalnya tahun ini kami adakan kegiatan bazar, setelah kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Peserta dalam bazar itu adalah MABA yang telah kami bagi dalam beberapa kelompok,” ujarnya.

Tujuannya kata pria dengan sapaan Fedo ini, tidak lain dan tidak bukan melihat dan melatih sejauhmana kretaivitas mahasiswa dalam menjajaki berbagai macam produk.

“Jadi peserta bazar harus menampilkan produk se-kreatif mungkin. Sehingga dapat menarik minat pembeli,” imbuhnya.

Produk yang dijual lanjutnya, bisa berasal dari hasil buatan sendiri atau mengkreasikan produk orang lain. Dan hal itu harus dibuktikan dengan dokumentasi mulai perencanaan hingga penjualan.

Kegiatan Bazar di STIE Bima. Foto: Ist

“Peserta boleh menggunakan produk orang lain, dengan catatan harus ada campur tangan dari peserta. Bisa saja dalam bentuk kemasan, tampilan atau lainnya,” tambahnya.

Selanjutnya, produk-produk tersebut akan dinilai oleh tim juri yang telah ditentukan sebelumnya. Akan dilihat bagai mana rasa, tampilan, komposisi dan bagaimana kemampuan penjelasan dari masing-masing perwakilan kelompok.

“Termasuk juga presentase keuntungan,” tutur pria kelahiran 1977 ini.

Mantan Ketua HIPMI Kota Bima ini mengaku, kegiatan semacam ini dapat menjadi pemicu jiwa entrepreneurship mahasiswa. Karena dirinya meyakini, kretifitas, kepercayaan diri, kompetisi dan kemandirian yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari entrepreneurship padat dilatih dengan diberikan ruang-ruang semacam itu.

“Dengan kami menyediahkan kegiatan seperti ini, mereka akan berpikir keras menjadi yang terbaik. Inilah harapan kami yang tentu menjadi visi besar kampus tercinta kami ini,” tetangnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan Bazar tersebut, pihak STIE Bima menerapkan stnadar Protokoler Covid secara lengkap. Dan menyediakan beberapa hal seperti pemeriksaan suhu badan, tempat cuci tangan, wajib pakai masker, dan lain-lain.

*Kahaba-01

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *