Tingkatkan Mutu Guru, SDN 40 Kota Bima Gelar Workshop E-Learning

Kota Bima, Kahaba.- Untuk meningkatkan mutu serta kemampuan guru dalam menjalankan program pendidikan pada era modern, SDN 40 Kota Bima menggelar kegiatan workshop berbasis pembelajaran elektronik (E-Learning) lingkup jajaran internal, di aula sekolah setempat selama 3 hari mulai Selasa (29/9) sampai Kamis (1/10).

Kepala Dinas Dikbud Kota Bima saat membuka kegiatan Workshop Pembelajaran Elektronik (E-Learning) di SDN 40 Kota Bima. Foto: Eric

Kepala SDN 40 Kota Bima Hj Maryamah dalam laporannya menyampaikan, saat ini perkembangan teknologi sudah banyak memberi pengaruh terhadap cara pandang dan hidup. Salah satunya pada bidang pendidikan dengan penggunaan sistem pembelajaran elektronik.

Workshop ini merupakan konsep pembelajaran melalui jaringan media elektronik, yang ditawarkan untuk mempercepat kemajuan di bidang pendidikan. Terutama guru sebagai pelaksana pembelajaran yang dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, dan harus terampil dalam penguasaan IT dan pelaksanaan pembelajaran secara elektronik.

“Kegiatan ini tidak lepas dari peran serta pemerintah daerah melalui Dinas Dikbud, karena telah membantu proses pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020,” katanya.

Menurut Maryamah, dasar pelaksanaan kegiatan workshop ini merupakan bagian dari amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Kemudian dilanjutkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan dan beberapa aturan lainnya.

Adapun tujuannya yaitu untuk menghasilkan guru yang dapat memahami program dinas, lalu dapat mengoperasikan perangkat komputer dan melaksanakan sistem pembelajaran secara elektronik dengan indikator kemampuan.

“Melalui workshop ini diharapkan seluruh guru yang mengikuti rangkaian kegiatan,  bisa lebih tahu dan memahami tentang cara dan program pembelajaran yang diberikan oleh pemateri,” jelasnya.

Ia menambahkan, pembelajaran berbasis E-Learning merupakan pemanfaatan media elektronik yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dengan cepat dan benar, di tengah wabah Covid-19 yang masih berlanjut.

Adapun materi yang diterima seperti teknologi informasi google clasroom (GC), lalu google drive (GD), google formulir (GF) hingga portal rumah belajar dalam KBM di kelas atau dalam pelaksanaan belajar Dari Rumah (BDR).

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud Kota Bima H Syamsuddin menyampaikan dukungan serta apresiasi kepada Hj Maryamah selaku pimpinan lembaga bersama jajaran guru lainnya atas pelaksanaan kegiatan workshop E-Learning tersebut.

“Terobosan yang dilakukan SDN 40 Kota Bima untuk mendukung program serta visi dan misi kepala daerah sungguh luar biasa. Semua ini demi mempercepat peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran elektronik dan menyongsong era pendidikan abad 2,” katanya.

Setelah metode E-Learning ini selesai, ia meminta pada pihak sekolah untuk menyediakan sarana dan prasarana lengkap. Agar guru yang telah mengikuti rangkaian pelatihan bisa langsung mengaplikasikannya.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *