oleh

Pembangunan Rumah Aspirasi Dinilai Mubazir, Karena tak Berfungsi Maksimal

-Kabar Kota Bima-947 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Beberapa kelurahan sudah memiliki rumah aspirasi. Ada yang dibangun baru di area wilayah kantor kelurahan, juga ada yang memanfaatkan rumah warga untuk disewa.

Kondisi rumah aspirasi di Kelurahan Penatoi. Foto: Bin

Namun, rumah aspirasi yang menjadi Visi Misi Walikota dan Wakil Walikota Bima Lutfi-Feri saat kampanye 2018 tersebut, baru sebagian kelurahan yang terbangun. Tapi mirisnya, bangunan tersebut tidak bisa dimanfaatkan maksimal.

Seperti di Kelurahan Penatoi, rumah aspirasi yang dibangun tahun 2020 itu masih sepi aktivitas. Bahkan listriknya belum ada. Apalagi perangkat kerja pendukung, masih terlihat kosong.

“Rumah Aspirasi kita di Penatoi dibangun tahun 2020. Iya listriknya belum ada,” ungkap Lurah Penatoi
Kaimuddin.

Selain belum ada perangkat, diakui Kaimuddin juga belum ada kegiatan di rumah aspirasi tersebut.

Ketua LPM Kelurahan Penatoi Iwan Qamarruzaman yang juga berada di Kantor Lurah Penatoi mengatakan bangunan itu keberadaannya mubazir, dan habiskan anggaran.

“Kan mubazir itu, dibangun habiskan anggaran. Tapi tidak berfungsi. Listrik saja belum ada,” sentilnya.

Melihat kondisi bangunan rumah aspirasi tersebut sambung Iwan, menunjukan tidak seriusnya kepala daerah di Kota Bima merealisasikan visi misi. Jika pun serius, tentu bangunan itu akan berfungsi sebagai mana tujuan dibangun.

Lurah Tanjung, Faisal yang dikonfirmasi terkait itu mengakui sudah memiliki rumah aspirasi. Tapi belum bisa berfungsi maksimal.

“Kabarnya sih bulan Juni ini mau didistribusikan perangkat pendukung untuk rumah aspirasi,” katanya.

Sementara itu, Lurah Jatibaru A Salam yang dimintai konfirmasi juga mengakui bahwa rumah aspirasi di kelurahan belum berfungsi maksimal. Perangkatnya juga belum ada.

“Belum ada listriknya juga,” terangnya.

Ia menambahkan, tetap ada kegiatan di rumah aspirasi, tapi saja belum rutin. Hanya ketua rumah aspirasi dan anggota saja yang rutin datang.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru