oleh

Cegah Penyakit Menular, Dinas Pertanian Vaksinasi Hewan

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pertanian Kota Bima bersama UPT Balai Keswan dan Kesmavet menurunkan sejumlah tim terpadu untuk melakukan vaksinasi sejumlah hewan ternak dan juga peliharaan.

Petugas Dinas Pertanian Kota Bima saat vaksinasi pada hewan peliharaan. Foto: Ist

Kabid Peternakan dan Keswan Juwaihar menyampaikan, pemberian vaksin tersebut merupakan agenda rutin setiap tahun, agar dapat menjaga kesehatan hewan serta mencegah penyakit yang ditularkan.

“Jenis vaksinasi yang kami berikan itu seperti antrax, SE atau ngorok dan rabies,” sebutnya, Jumat (23/6).

Ia mengaku, vaksinasi sudah dilakukan lebih dari 30 kelurahan. Sedangkan sisanya masih dalam proses penanganan, dan direncanakan dapat selesai pekan depan.

“Untuk sementara data jumlah hewan peliharaan dan ternak sudah ratusan ekor. Mengenai jumlah secara keseluruhan nanti akan kami kalkulasikan saat kelurahan terakhir divaksinasi,” katanya.

Juwaihar menambahkan, adanya kegiatan ini diharapkan upaya pengendalian dan pemberantasan hewan menular dapat tercapai. Untuk itu dia meminta peran aktif masyarakat, terutama yang memiliki hewan peliharaan dan ternak untuk segera melaporkan pada pemerintah kelurahan setempat, agar bisa diatur jadwal pemberian vaksin.

“Harapan kami dengan dilakukannya vaksinasi tersebut, Kota Bima bisa zero penyakit menular yang bersumber dari hewan,” harapnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru