oleh

Command Center Kota Bima Akhirnya Diluncurkan

Kota Bima, Kahaba.- Setelah tertunda beberapa kali, akhirnya Command Center Kota Bima secara resmi diluncurkan oleh Walikota Bima HM Lutfi, Senin (23/8). Ke depan, Kota Bima akan memiliki Big Data sehingga terwujudnya Smart City.

Command Center Kota Bima Akhirnya Diluncurkan
Peluncuran Command Center oleh Walikota Bima HM Lutfi didampingi Kepala Dinas Kominfotik beserta jajaran Muspida dan Forkompinda. Foto: Ist

Saat sambutan, HM Lutfi mengatakan Command Center dibangun dengan waktu yang cukup panjang yakni 3 tahun. Sejumlah aplikasi pun disiapkan guna meningkatkan pelayanan untuk masyarakat.

“Tidak mudah membuat satu aplikasi tapi harus didukung dengan SDM mumpuni. Walaupun tertatih-tatih, kita buat semua aplikasi bisa bersinergi dengan seluruh OPD tersinkron dengan Command Center,” jelas Walikota.

Dari sekian banyak aplikasi yang disiapkan, ada beberapa yang aplikasi yang paling diunggulkan. Seperti aplikasi e-Lapor. Setiap RT telah dibekali Handphone untuk melaporkan secara langsung apapun yang menjadi keluhan dan masalah disetiap lingkungan.

“Ini hal baru dalam percepatan layanan birokrasi. Termasuk, layanan bagi masyarakat. Apalagi dengan adanya e-Lapor, mendorong seluruh birokrasi untuk melayani seluruh masyarakat, ” ujarnya.

Untuk jangka panjang nanti sambungnya, Command Center juga akan membentuk Big Data bagi Kota Bima. Data akan dikumpulkan dari 28 kelurahan. Kemudian, akan menjadi rujukan dalam pengambilan kebijakan oleh siapapun yang memimpin Kota Bima nanti.

Sementara itu, Kepala Diskominfotik Kota Bima H Sukri menyampaikan, Command Center menyiapkan 17 Aplikasi yang akan mencover seluruh informasi dari dan untuk masyarakat.

Seluruh aplikasi ini bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat Kota Bima melalui Bimakota.co.id. Beberapa aplikasi yang telah disiapkan selain e-Lapor adalah, Maps Kobi yang mana masyarakat bisa mengetahui jalur-jalur di Kota Bima.

Kemudian ada pendidikan, masyarakat bisa mengakses informasi yang berkaitan dengan sekolah-sekolah di Kota Bima. Juga ada di bidang kesehatan, yang akan menyajikan informasi bagi masyarakat tentang ketersediaan kamar kosong di RS – RS di Kota Bima. Termasuk, alat dan fasilitas kesehatan yang tersedia.

“Ini adalah Command Center yang pertama di NTB,” jelasnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru