Kabar Kota Bima

Stabilkan Harga, DKP Kota Bima Gelar Bazar Pangan Murah

514
×

Stabilkan Harga, DKP Kota Bima Gelar Bazar Pangan Murah

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima menggelar kegiatan Bazar Pangan Mura, guna sinergi bersama dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, di kantor setempat, Rabu (7/9).

Stabilkan Harga, DKP Kota Bima Gelar Bazar Pangan Murah - Kabar Harian Bima
Wali Kota Bima HM Lutfi saat menyerahkan paket sembako untuk warga. Foto: Bin

Kegiatan bekerjasama dengan Bulog Bima tersebut dihadiri oleh Wali Kota Bima beserta istri, Sekda Kota Bima, sejumlah pejabat terkait, perwakilan TNI Polri dan masyarakat disejumlah kelurahan.

Stabilkan Harga, DKP Kota Bima Gelar Bazar Pangan Murah - Kabar Harian Bima

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima Ichwanul Muslimin dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota, Sekda dan Kepala Bulog Bima karena telah berkesempatan hadir, demikian juga dengan seluruh pihak yang terlibat, sehingga kegiatan ini berjalan lancar.

“Bazar ini dilaksanakan menindaklanjuti surat dari Badan Pangan Nasional dan Surat dari Kadis Ketahanan Pangan Provinsi NTB, sebagai langkah aksi untuk menekan inflasi di Kota Bima dan menstabilkan harga pangan di daerah,” ujarnya.

Stabilkan Harga, DKP Kota Bima Gelar Bazar Pangan Murah - Kabar Harian Bima
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima Ichwanul Muslimin saat menyampaikan laporan pada acara Bazar Pangan Murah. Foto: Bin

Diakui Ichwanul, pihaknya sengaja helat kegiatan ini di kantor. Pasalnya, Dinas Ketahanan Pangan dinilai sebagian orang memiliki progress stagnan, juga di samping memperkenalkan keberadaan dinas, jauh lebih dari itu pihaknya ingin menunjukan bahwa di tengah anggaran yang terbatas, namun Dinas Ketahanan Pangan bisa melaksanakan kegiatan seperti ini.

Di tempat yang sama, Wali Kota Bima HM Lutfi mengapresiasi langkah Dinas Ketahanan Pangan melaksanakan bazar ini. Gerakan ini diharapkan mampu menahan laju harga bahan pokok di daerah.

Stabilkan Harga, DKP Kota Bima Gelar Bazar Pangan Murah - Kabar Harian Bima
Kegiatan Bazar Pangan Murah yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima. Foto: Bin

“Baik di pusat maupun daerah, dituntut untuk menjaga stock harga dan menstabilkan harga pangan. Hari ini, Dinas Ketahanan Pangan sudah mulai melakukan upaya,” pujinya.

Lutfi juga berharap, masyarakat bisa melakukan seperti yang saat ini sedang dilakukannya yakni menanam cabai, tomat dan terong di belakang rumah. Jika butuh, langsung petik di belakang rumah.

“Harapannya masyarakat juga bisa melakukan seperti itu, karena langkah ini sangat membantu,” pungkasnya.

Wali Kota Bima menambahkan, dirinya akan membuka secara resmi kegiatan Bazar Pangan Murah ini. Semoga bermanfaat untuk masyarakat.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan paket sembako yang diberikan oleh Wali Kota Bima untuk 5 masyarakat yang lebih awal hadir.

Adapun pangan yang dijual pada bazar yakni Beras Premium Rp 8500 per kg, Beras Super Cap Segar Rp 42.509 per 5 kg, Tomat Rp 40.000 per kg, Cabe Keriting Rp 60.000 kg, Cabe Rawit Rp 40.000 per kg, Telur Rp 2.000 per butir – Rp 59.000 per krat.

Kemudian Telur Arab Rp 2.500 per butir – Rp 60.000 per krat, Bawang Merah Rp 18.000 per kg, Minyak Goreng Rp 14.000 per liter, Gula Pasir Rp 13.500 per kg, Daging Ayam Rp 40.000 per kg.

*Kahaba-01