Kabar Kota Bima

Teladani Nabi Muhammad SAW, SMKN 3 Gelar Acara Maulid

433
×

Teladani Nabi Muhammad SAW, SMKN 3 Gelar Acara Maulid

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Bima menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW, di aula sekolah setempat, Jumat (6/10). Kegiatan ini dihadiri Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin, guru dan pegawai, Ketua Rohis Jihan Alzahra, penceramah Ustadz Nasaruddin serta pelajar setempat.

Teladani Nabi Muhammad SAW, SMKN 3 Gelar Acara Maulid - Kabar Harian Bima
Suasana acara Maulid Nabi Muhammad SAW di SMKN 3 Kota Bima. Foto: Ist

Ketua Rohis Jihan Alzahra menyampaikan, kegiatan yang mengangkat tema “Cinta Kekasih Allah” tersebut merupakan bagian dari memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 12 Rabiul Awal.

Teladani Nabi Muhammad SAW, SMKN 3 Gelar Acara Maulid - Kabar Harian Bima

Artinya setiap manusia beragama muslim dapat menumbuhkan rasa cintanya pada Rasulullah, dengan mengungkapkan kegembiraan terhadap kelahiran baginda nabi.

“Maulid merupakan bentuk cerminan rasa cinta dan penghormatan kita terhadap Nabi pembawa rahmat bagi seluruh alam,” ujarnya.

Jihan menjelaskan, kegiatan positif tersebut rutin dilakukan setiap tahun sebagai bentuk peningkatan ketaqwaan terhadap ajaran baginda selama berdakwah dan menegakkan Agama Islam pada umat.

Selain itu juga meneladani sikap dan perilaku Nabi selama menjalani setiap aspek kehidupan, baik bersama kerabat keluarga, sahabat dan lingkungan masyarakat.

Teladani Nabi Muhammad SAW, SMKN 3 Gelar Acara Maulid - Kabar Harian Bima
Foto bersama pelajar SMKN 3 Kota Bima usai Maulid Nabi Muhammad SAW. Foto: Ist

“Ada empat sifat beliau yang mesti kita teladani, seperti jujur, amanah, fathonah dan tabligh,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin mengungkapkan, kegiatan maulid tersebut merupakan bentuk dukungan lembaga pendidikan untuk peningkatan ilmu dan pemahaman agama pada pelajar, lebih khusus mengenal lebih jauh suri tauladan baginda Nabi Muhammad SAW.

“Kebaikan dan kesabaran yang disertai dengan akhlak mulia membuat Nabi Muhammad SAW menjadi suri tauladan bagi umat muslim. Semoga dalam keseharian kita mampu meneladani akhlak beliau,” harapnya.

Jainuddin menambahkan, melalui peningkatan kapasitas bidang rohani tersebut, menggambarkan bahwa SMKN 3 Kota Bima tidak hanya unggul di bidang akademik, tapi selaras dengan bidang keagamaaan dalam rangka penguatan karakter peserta didik.

*Kahaba-01