Pendidikan

Cegah Diare, Akbid Harapan Bunda Bima Edukasi Siswa SDN 25

280
×

Cegah Diare, Akbid Harapan Bunda Bima Edukasi Siswa SDN 25

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang gejala dan dampak terjadinya penyakit diare, Akademi Kebidanan (Akbid) Harapan Bunda Bima menggelar sosialisasi pencegahan diare serta pentingnya sarapan pagi untuk di SDN 25 Kota Bima, Jumat 14 April 2023.

Cegah Diare, Akbid Harapan Bunda Bima Edukasi Siswa SDN 25 - Kabar Harian Bima
Mahasiswa Akbid Harapan Bunda Bima foto bersama usai sosialisasi pencegahan diare di SDN 25 Kota Bima. Foto: Ist

Wakil Direktur III Akbid Harapan Bunda Bima Rostinah menyampaikan, sosialisasi yang dilaksanakan merupakan bentuk perhatian kesehatan terhadap anak sejak dini, agar mencegah penyakit terutama diare. Karena anak sering melalaikan sarapan pagi sebelum berangkat sekolah.

Cegah Diare, Akbid Harapan Bunda Bima Edukasi Siswa SDN 25 - Kabar Harian Bima

“Biasanya siswa berangkat sekolah jarang memperhatikan sarapan, maka mudah terserang penyakit seperti diare, kemudian mengganggu aktivitas belajar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi tentang tata cara menghindari penyakit diare dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat.
Seperti rajin membersihkan diri, membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan, konsumsi makanan bergizi, kemudian informasi tentang jajanan yang sehat dan higienis yang baik untuk kesehatan.

“Dari kegiatan juga diharapkan dapat menekan terjadinya angka penyakit diare pada anak usia sekolah, dengan mengajarkan dan berprilaku hidup bersih dan sehat,” katanya.

Rostinah menambahkan, penyuluhan kesehatan untuk mencegah diare ini direncanakan akan terus dilaksanakan pada sejumlah lembaga pendidikan. Agar para pelajar memahami dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, terlebih di lingkungan sekolah.

“Dengan sosialisasi dan edukasi penyakit diare, maka ke depan angka penderita penyakit tersebut bisa terus ditekan dan menurun,” tandasnya.

*Kahaba-04