Kabar Kota Bima

Reses di Kodo, 4 Wakil Rakyat Cek DAM Dadi Mboda

494
×

Reses di Kodo, 4 Wakil Rakyat Cek DAM Dadi Mboda

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Warga Kelurahan Kodo menyambut kedatangan 4 orang Anggota DPRD Kota Bima masing-masing Edy Ikhwansyah, M Amin, H Ridwan Mustakim dan H Erwin yang melaksanakan reses, Minggu (13/2). Kehadiran para legislator Dapil I tersebut langsung diantar untuk memeriksa DAM Dadi Mboda yang saat ini sudah roboh dan butuh perbaikan.

Reses di Kodo, 4 Wakil Rakyat Cek DAM Dadi Mboda - Kabar Harian Bima
4 Legislator di Dapil I saat reses di Kelurahan Kodo dan turun cek kondisi DAM Dadi Mboda. Foto: Bin

Ketua LPM Kodo Kar’an mengawali pembicaraan mengungkapkan nasib DAM yang tidak ada kepastiannya. Apakah mau diperbaiki atau lebih baik dihancurkan.

Reses di Kodo, 4 Wakil Rakyat Cek DAM Dadi Mboda - Kabar Harian Bima

“Tahun 2017 dibangun, tidak lama kemudian rubuh diterjang banjir. Nasibnya sekarang bagaimana, tidak jelas,” keluhnya.

Lurah Kodo Nasrul Jadid, DAM ini dibangun setelah banjir besar tahun 2016 lalu. Infrastruktur ini kemudian berujung masalah dan diproses hukum. Jika masalah hukumnya sudah selesai, mohon dibangun kembali.

“Karena masyarakat juga membutuhkan DAM ini. Pasalnya, kondisi saat ini gat berdampak untuk masyarakat, karena lahan semakin tergerus,” katanya.

Di tempat yang sama, tokoh masyarakat setempat H Idris H Fattah juga mengungkapkan, pekerjaan DAM ini awalnya sering ditegur, karena pembangunan sayapnya tidak dibronjong terlebih dahulu. Sehingga banjir sedikit saja, bangunannya langsung roboh.

Reses di Kodo, 4 Wakil Rakyat Cek DAM Dadi Mboda - Kabar Harian Bima
4 wakil rakyat saat turun cek lokasi DAM Dadi Mboda Kelurahan Kodo. Foto: Bin

“Campuran semen juga asal-asalan. Sering saya tegur, tapi pekerjaan tidak peduli. Akhirnya, DAM hancur,” terangnya.

Untuk itu, dirinya juga sangat berharap perhatian wakil rakyat yang datang ke Kodo untuk kondisi DAM ini. Bila perlu, diprioritaskan untuk kepentingan masyarakat banyak.

Di tempat yang sama, anggota DPRD Kota Bima Edy Ikhwansyah menyampaikan, jika dilihat kondisi DAM saat ini berkat perencanaan yang kurang baik. Padahal telah pekerjaan ini dengan anggaran Rp 2 miliar lebih.

“Perencanaan buruk, makanya baru dibangun sudah rusak,” tuturnya.

Terhadap masalah infrastruktur ini sambung M Amin, wakil rakyat lain, karena anggarannya proyek ini bersumber dari BNPB, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dulu dengan OPD terkait, apakah bisa dibongkar atau tidak.

“Kita koordinasi dulu. Tapi jika dilihat keberadaannya, perlu dibangun kembali,” katanya.

Sementara itu, 2 legislator H Ridwan Mustakim dan H Erwin juga mengutarakan, dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Bappeda dan BNPB. Karena sebentar lagi 25 anggota dewan akan kunjungan kerja ke Jakarta, bakal berkomunikasi dengan kementerian terkait.

Reses di Kodo, 4 Wakil Rakyat Cek DAM Dadi Mboda - Kabar Harian Bima
4 anggota DPRD Kota Bima Dapil I saat reses di Kelurahan Rabangodu Selatan. Foto: Ist

Sehari sebelumnya, 4 anggota dewan ini juga menggelar kegiatan yang sama di RT 01 RW 01 Kelurahan Rabangodu Selatan. Dari wilayah tersebut, beragam aspirasi juga ditampung, seperti soal drainase, peningkatan jalan, kejelasan batas wilayah Kelurahan Rontu dan Rabangodu Selatan, kemudian aspal jalan menuju Mande.

“Aspirasi tersebut akan disampaikan pada paripurna dan diperjuangkan agar tertuang dalam program pemerintah,” tambah M Amin.

*Kahaba-01