Kabupaten Bima

Tim Gabungan Operasi Pengamanan Hutan Kolaboratif di Wilayah Marowa

1976
×

Tim Gabungan Operasi Pengamanan Hutan Kolaboratif di Wilayah Marowa

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Tim gabungan dari Balai KPH Madapangga Rompu Waworada, Balai KPH Maria Donggomasa, Balai KPH Toffo Pajo Soromandi, Balai KPH Ampang Riwo, dan Balai KPH Tambora melaksanakan kegiatan operasi pengamanan hutan terpadu di So Ntuda Laju dan So Lomba Naru Kawasan Hutan Toffo Rompu (RTK.65), yang berbatasan dengan Desa Woro dan Desa Mpuri Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima.

Tim Gabungan Operasi Pengamanan Hutan Kolaboratif di Wilayah Marowa - Kabar Harian Bima
Tim Gabungan saat menemukan kayu sonokeling pada Operasi Pengamanan Hutan Kolaboratif di Wilayah Marowa. Foto: Ist

Kepala Balai KPH Marowa Didik Fardiansyah  mengungkapkan, kegiatan operasi ini diinisiasi oleh Balai KPH Marowa dan dilaksanakan selama 2 hari, mulai tanggal 22 November sampai 23 November 2023.

Dijelaskannya, pelaksanaan kegiatan tersebut ditujukan untuk mengambil tindakan terukur, sebagai langkah pengosongan lokasi dari gangguan keamanan hutan.

“Operasi pengamanan ini juga untuk mengidentifikasi eskalasi kerusakan hutan pada areal yang menjadi target operasi,” katanya.

Diakui Didik, dalam pelaksanaannya, Tim menemukan Hasil Hutan Kayu (HHK) dengan jenis Sonokeling yang ditebang dan sebagian telah diolah dalam bentuk balok.

Kayu tersebut diduga dilakukan oleh oknum masyarakat setempat. Hasil temuan tersebut dituangkan dalam laporan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.

“Kegiatan serupa akan terus dilakukan secara intensif guna memastikan lokasi kawasan hutan negara aman dari gangguan keamanan hutan,” tegasnya.

*Kahaba-01