Siswa Antusias Ikuti Praktek Manasik Haji

Kota Bima, Kahaba.- TK Yaa Bunayya dan SD Integral Lukman Al Hakim mengadakan kegiatan praktek manasik haji untuk siswa didiknya, Sabtu (19/9), di Convention Hall Paruga Nae Kota Bima. Manasik haji turut dihadiri ratusan siswa TK Yaa Bunayya dan SD Integral Lukman Al Hakim.

TK Yaa Bunayya dan SD Integral Lukman Al Hakim saat melaksanakan manasik haji.

TK Yaa Bunayya dan SD Integral Lukman Al Hakim saat melaksanakan manasik haji.

Kepala SD Integral Lukman Al Hakim, Usman Kadir mengatakan, kegiatan sehari itu merupakan agenda rutin setiap tahun, guna memperkenalkan kepada siswa bagaimana tata cara pelaksanaan manasik haji. ”Kegiatan ini rutin dilaksanakan menjelang hari Raya Idul Adha,” ujarnya, Sabtu (18/9).

Siswa-siswi diajarkan praktek pelaksanaan ibadah haji, didahului dengan Tawaf, Sa’i, Tahlul, kemudian singgah di Mina, Arafah, Muzdalifah dan lempar Jumrah. “Kegiatan ini wajib dilaksanakan, karena jika berkurang salah satu item kegiatan. Maka syarat haji seseorang tidak sah,” tuturnya.

Kata dia, semua praktek manasik haji yang dilakukan siswa berjalan lancar. Siswa juga senang dan semangat melaksanakannya, bahkan wali murid turut antusias mengikuti kegiatan.

“Kegiatan ini bertujuan mengenalkan pelaksanaan haji kepada anak anak sejak dini. Dengan harapan anak anak mencintai Islam dan melaksanakan pedoman Islam seperti yang diajarkan Nabi dan Rasul,” terangnya.

TK Yaa Bunayya dan SD Integral Lukman Al Hakim saat melaksanakan manasik haji.

TK Yaa Bunayya dan SD Integral Lukman Al Hakim saat melaksanakan manasik haji.

Sementara itu, Kepala KB TK Yaa Bunayya, Sri Asmiati turut menjelaskan Manasik haji yang lakukan siswa-siswi. Anak didiknya dilatih tentang tata cara pelaksanaan, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji.

“Anak-anak yang bertindak sebagai para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik, sekaligus proses ibadah haji, dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci,” ungkapnya.

*EM

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *