Kabar Bima

Dinas PU, SKPD Paling Anjlok Capai PAD

229
×

Dinas PU, SKPD Paling Anjlok Capai PAD

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Hingga Bulan Oktober 2015 ini, capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bima belum mencapai target yang diharapkan. Bahkan, menurun dibanding tahun sebelumnya. Salah satu SKPD yang bertengger paling atas dengan capaian PAD paling anjlok adalah Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bima. (Baca. Setoran PAD Disdukcapil Melebihi Target)

Kepala Dispenda Kab Bima, Putarman. Foto: Ady
Kepala Dispenda Kab Bima, Putarman. Foto: Ady

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Bima, Putarman mengaku, Dinas PU hingga Oktober baru mampu menyetor PAD sebesar Rp 114 juta atau 9,9 persen. Setoran itu sangat jauh dari target sebesar Rp 1,18 Miliar. Kondisi itu, telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir. Bahkan tahun ini, capaian PAD SKPD di bawah komando Nggempo tersebut kian anjlok.

Dinas PU, SKPD Paling Anjlok Capai PAD - Kabar Harian Bima

Padahal kata dia, Dinas PU merupakan salah satu SKPD yang diharapkan mampu menyumbang PAD lebih besar dibanding SKPD lainnya. Sebab, SKPD setempat memiliki sumber potensi PAD besar untuk dikelola. Namun, fakta yang terjadi justru jauh panggang dari api.

“Dinas PU beralasan ketidakmampuan menyumbang PAD dengan maksimal karena banyak peralatan berat rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi,” terang Putarman kepada Kahaba.net, Kamis (12/11) siang.

Selain Dinas PU terangnya, SKPD lain dengan capaian PAD di bawah 15 persen antara lain Dinas Pertanian, Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, serta Bagian Umum.

*Ady