Kelurahan Pane Gelar Lomba Pukat dan Memancing

Kota Bima, Kahaba.- Setelah sebelumnya melaksanakan berbagai lomba memeriahkan HUT RI ke-71, Kelurahan Pane kembali menggelar lomba pukat ikan dan memancing di Pantai Lawata. Lomba yang digelar, Minggu (28/08) itu diikuti ratusan warga Pane dibantu mahasiswa KKN STISIP Mbojo-Bima.

Lomba pukat dan memancing yang digelar Kelurahan Pane. Foto: Eric

Lomba pukat dan memancing yang digelar Kelurahan Pane. Foto: Eric

Kepala Kelurahan Pane, A Faruk, dalam sambutannya mengatakan, warga Kelurahan Pane bukan warga pesisir pantai. Namun, warga Kelurahan Pane banyak yang secara turun temurun bermata pencaharian sebagai nelayan.

Sehingga, Pemerintah Kelurahan Pane sangat merespon dengan potensi dan minat yang dimiliki warga tersebut. Untuk mengakomodirnya, pemerintah kelurahan setempat mengadakan lomba.

“Lomba ini atas usulan dari ketua RT RW di Kelurahan Pane. Maka dari itu, kami mengadakan lomba ini untuk uji coba sejauhmana potensi yang dimiliki warga,” jelasnya.

Faruk menjelaskan, peserta lomba mancing ikan ini diberikan waktu paling lama satu jam. Hasilnya, bukan dilihat dari banyak jumlah ikan yang didapat, tetapi dinilai seberapa berat ikan yang didapatkan.

“Banyaknya ikan yang didapatkan tidak menjamin untuk menang. Karena, mana yang paling berat hasil pancingannya, maka peserta itu yang menang,” ungkapnya.

Diadakannya lomba pancing dan pukat ini, diharapkan dapat meningkatkan potensi dan minat warga. Serta dapat mempertahankan turun temurun sebagai mata pencaharian untuk mencari nafkah.

Pada kesempatan itu, Lurah Pane tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Pane serta mahasiswa KKN dari STISIP Mbojo Bima yang ikut mengambil bagian dalam pelaksanaan lomba tersebut.

*Eric

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *