Proyek Air Bersih di Wawo Diduga Bermasalah

Kabupaten Bima, Kahaba.- Proyek air bersih tahun 2014 yang menelan anggaran Miliaran rupiah di Kecamatan Wawo diduga bermasalah. Pasalnya, hingga saat ini proyek tersebut tidak bisa dimanfaatkan oleh warga.

Ilustrasi

Ilustrasi

Nurdin warga setempat mengungkapkan, awalnya masyarakat antusias dengan kehadiran proyek tersebut, karena bisa mencukupi kebutuhan air bersih di Kecamatan Wawo, lebih khusus untuk Desa Kambilo dan Pesa.

Namun, yang terjadi sekarang justeru jauh dari harapan. Masyarakat Desa Kambilo belum juga bisa menikmati sama sekali air tersebut. Masyarakat disejumlah Desa lain pun belum secara normal manfaatkan proyek tersebut.

“Pipa untuk mengaliri air sudah terpasang setahun yang lalu di Desa Kambilo, namun belum ada air mengalir,” ungkapnya kepada Kahaba.net.

Untuk itu, Nurdin meminta kepada Bupati Bima dan DPRD Kabupaten Bima untuk turun ke lapangan dan melihat langsung proyek tersbeut. Tidak hanya itu, Nurdin juga meminta agar bisa dicairkan solusinya,  agar proyek itu bisa bermanfaat sesuai tujuan pembangunannya.

“Informasi yang kami dapat proyek tersebut mengunakan dana APBN kurang lebih nilainya Rp 6 Miliar dan dana tambahan kurang lebih Rp 1 Miliar dari dana APBD. Jadi sayang kalau anggaran sebesar itu kemudian tidak bisa dimanfaatkan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Air Bersih dan Sanitasi Bidang Cipta Karya Dinas PU Kabupaten Bima, H. Muhammad Amin saat ditanya masalah mengaku kurang tahu.

“Kalau sumber dananya dari APBN saya kurang tahu, karena PPK ada di Pemerintah Provinsi. Proyek Tahun 2014 juga kami tidak ada koordinasi mengenai proyek itu. Jadi kita tidak mengawasi, karena yang mengawasinya ditender,” tuturnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *