HMI Lanjutkan Ikhtiar HMQ

Kota Bima, Kahaba.- Sebagai Kepala LPMP NTB yang bertugas dan berfungsi memastikan pendidikan memenuhi standar nasional dan membantu pemerintah daerah meningkatkan mutu pendidikan di NTB, khusus pendidikan di Kota Bima, H. Muh Irfan (HMI) secara khusus menilai bahwa komitmen Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin (HMQ) dan Wakil Walikota Bima H. Arahman H. Abidin di bidang pendidikan harus dilanjutkan.

Kepala LPMP NTB H. Muh. Irfan bersama Wakil Walikota Bima H. Arahman H. Abidin. Foto: Dok LPMP

Indikator pertama, di tahun 2016 dan 2017 mengalokasikan 34,84 persen APBD dan tambahan transfer daerah serta DAK tertinggi kedua setelah Kabupaten Lombok Tengah di NTB, atau setara dengan pembiayaan 3.700.800 per siswa pertahun di atas rata-rata pembiayaan provinsi.

“Kedua, IPM di bidang pendidikan Kota Bima berada pada angka 72,99 di atas IPM provinsi 65,19 bahkan nasional yang hanya pada angka 69, 55,” ungkapnya, Senin (21/8).

Ketiga sebutnya, peningkatan kualifikasi guru dua tahun terakhir kecendrungan meningkat, saat ini 79,7 persen guru SD sudah S1. Sebelumnya hanya 75,6 persen. Guru SMP sudah S1 86, 6 persen. SMA 98,6 persen dan SMK 97,7 persen.

“Ini menggambarkan bahwa kualifikasi pendidikan guru tersebut sangat ideal menghasilkan anak berkualitas,” jelasnya.

Keempat sambung Irfan, angka partisipasi murni pendidikan Kota Bima telah mencapai angka 91,1 persen hanya tersisa 8,9 persen berbanding lurus dengan angka kemiskinan Kota Bima yang hanya 9 persen.

Berikutnya untuk kompetensi guru Kota Bima rata-rata pada angka 52,72 masih di atas Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu. Terakhir Indek integritas ujian nasional Kota Bima di atas integritas provinsi dan nasional untuk semua jenjang pendidikan SMP 81,7 tingkat provinsi, 70,4 tingkat nasional 72,4, SMA 77, 2 provinsi 64, 2 dan nasional 62, 2 untuk SMK 79.5 provinsi 73,5 nasional 70, 9.

Itulah antara lain keberhasilan di bidang pendidikan Kota Bima masih banyak sebenarnya keberhasilan pendidikan. Tapi yang disebutkan di atas menandakan bahwa komitmen HMQ tinggi di bidang pendidikan.

“Kemajuan daerah ditentukan oleh pendidikan. Ikhtiar HMQ tersebut harus dilanjutkan oleh pemimpin Kota Bima berikutnya,” tambah Irfan.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *