Bakesbangpol Ajak Masyarakat Menangkal Ancaman Radikalisme dan Terorisme

Kota Bima, Kahaba.- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota mengikuti agenda pertemuan tokoh masyarakat dan agama yang digelar Lembaga Studi Konflik dan Advokasi (LSKA), di aula SMAN 2 Kota Bima, Senin (25/9). Kegiatan itu mengangkat tema “Mereduksi Potensi Ancaman Radikalisme dan Terorisme”.

Acara Mereduksi Potensi Ancaman Radikalisme dan Terorisme. Foto: Eric

Pertemuan dihadiri ratusan peserta seperti kepolisian, tokoh agama, masayarakat, LSM maupun ormas.

“Untuk menangkal paham radikalisme dan terorisme yang masuk di daerah, diperlukan kekompakan dan semangat kebersamaan seluruh elemen masyarakat. Sehingga tercipta suasana damai dan semangat persatuan,” ujar Sekretaris Bakesbangpol Kota Bima, Muhammad Farid.

Dijelaskan Farid, jika ditinjau dari beberapa aspek yang tengah terjadi saat ini. Radikalisme timbul berdasarkan dari pemahaman agama yang dangkal, kemudian diikuti dengan kondisi kehidupan sosial yang tidak adil. Sehingga pada akhirnya, melahirkan tindakan yang merugikan kehidupan sosial, berbangsa dan bernegara.

“Akibat pemahaman ilmu yang dangkal, lalu ditunjang kondisi sosial maka bisa memunculkan paham yang bertentangan dengan Pancasila dan dapat merusak tatanan kehidupan,” jelasnya.

Maka dari itu, untuk menangkal paham tersebut pemerintah daerah mengajak peran serta seluruh unsur untuk terlibat aktif melakukan berbagai berupaya menciptakan suasana perdamaian.

“Atas nama pemerintah daerah, kami mengajak masyarakat Kota Bima untuk bersama menjaga perdamaian, melalui silaturahim dan memupuk semangat gotong rotong serta rasa persaudaraan. Sehingga dapat menangkal paham ekstrim,” ajaknya.

Mantan Sekretaris BPPKB itu juga mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar menolak dan menutup akses yang berorientasi pada paham radikalisme dan terorisme. Selain itu pula, masyarakat diminta siap turut serta dalam aksi pencegahan dalam segala paham dan aksi radikalisme yang ingin masuk di Kota Bima.

Karena segala bentuk paham radikalisme dan terorisme harus disingkirkan. Untuk memeranginya, pemerintah membutuhkan kerja sama semua pihak. Terutama masyarakat, harus bahu membahu bekerjasama.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *