Antisipasi Banjir, Pemuda Lewirato Siaga Bersihkan Sungai

Kota Bima, Kahaba.- Mengantisipasi meluapnya air di sungai dan menggenangi rumah warga, puluhan Pemuda Lewirato Siaga (PLS) menggelar gotong rotong membersihkan sungai di kelurahan setempat, Rabu (22/11).

Pemuda Lewirato Siaga saat gotong royong bersihkan sungai. Foto: Eric

“Banjir bandang tahun lalu jadi pelajaran, air sungai meluap dan menggenangi pemukiman warga Lewirato. Sempitnya sungai dan masih banyaknya sampah di sektar sungai juga jadi benyebab banjir,” ujar ketua PLS Ibnu Hadjar.

Diakui Ibnu, sampah menumpuk disungai karena masih kurangnya kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Ditambah lagi adanya sampah titipan dari lingkungan lain, sehingga ikut menumpuk di bantaran sungai.

“Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, aksi membersihkan sampah ini direncanakan rutin digelar. Guna mengantisipasi hujan yang berpotensi banjir,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima H. Fakhrunrazi mengapresiasi kegiatan gotong royong yang dilakukan PLS. kepedulian itu juga bisa memantik warga lain untuk bisa melakukan hal yang sama.

“Tugas membersihkan sampah bukan hanya pemerintah, tapi juga merupakan peran bersama seluruh elemen masyarakat. Jika semua sadar seperti ini, banjir bisa diminimalisir,” tuturnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *