Juli Mendatang, Pemkot Bima Akan Dinilai Kinerja Pelayanan Publik

Kota Bima, Kahaba.- Tim dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) direncanakan Juli depan akan hadir di Pemerintah Kota Bima, guna mengevaluasi tentang kinerja pelayanan publik.

Kabag OPA Setda Kota Bima Ihya Ghazali. Foto: Eric

Kabag OPA Setda Kota Bima Ihya Ghazali mengungkapkan, kehadiran tim tersebut berdasarkan indeks pelayanan publik Permenpan-RB nomor 17 tahun 2017, tentang kinerja unit penyelenggaraan pelayanan publik.

“Tujuan evaluasi kinerja itu untuk melihat implementasi kebijakan, terkait pelayanan publik di Kota Bima. Guna mendorong pertumbuhan ekonomi, dan memberi dampak bagi kesehjahteraan masyarakat,” ujarnya, Sabtu (19/5).

Selain di Kota Bima kata mantan Kabag Humas tersebut, Tim Kemenpan-RB akan juga akan melakukan evaluasi tersebut di 206 kabupaten dan kota seluruh Indonesia. Sedangkan khusus Provinsi NTB, ada 4 daerah yang akan dinilai, yaitu Kota Mataram, Kota Bima, Lombok Barat dan Lombok Timur.

Untuk Kota Bima, yang akan menjadi lokus evaluasi hanya 3 SKPD, masing – masing Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu pintu (DPM-PTsp), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan RSUD rintisian tipe D Kecamatan Asakota.

Dari 3 SKPD yang akan dievaluasi sambungnya, terdapat beberapa aspek penilaian yang akan diperiksa, diantaranya aspek kebijakan pelayanan yang meliputi standar pelayanan, maklumat pelayanan dan survei kepuasaan masyarakat.

Kemudian aspek profesionalisme SDM yang meliputi, sarana dan prasarana, serta penempatan pegawai yang sesuai keahlian, dan terkahir aspek sistem informasi yang meliputi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi dalam pelayanan.

“Bagi daerah yang mampu menyiapkan standar pelayanan publik yang baik, maka tentu akan diberikan penilaian A, A+,A-, B, B- dan C. Semoga Kota Bima bisa meraih nilai yang bagus, sehingga bisa mendapat apresiasi dari pemerintah pusat,” harapnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *