DPPPA Ajak Pelajar Lawan Narkoba dan PMS

Kota Bima, Kahaba.- Guna mencegah bahaya narkoba dan Penyakit Menular Seksual (PMS) seperti HIV/AIDS, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Bima menggelar sosisalisasi di aula SMKN 3 Kota Bima, Selasa (9/10).

Narkoba dan PMS yang digelar DPPPA Kota Bima. Foto: Eric

Sosialisasi tersebut mengangkat tema “Mari Selamatkan Generasi Bangsa, Dari  Bahaya Obat Terlarang dan Orientasi Penyakit Seksual”.

Ketua Panitia Rasnaidah dalam laporannya menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 100 pelajar tingkat SMP dan SMA se-Kota Bima. sementara pemateri dari BNNK Bima, Dinas Kesehatan dan Polres Bima Kota.

“Acara ini digelar karena maraknya obat terlarang beredar di kalangan pelajar. Kemudian pergaulan bebas yang mengakibatkan perilaku seksual menyimpang dan dapat membahayakan nyawa,” ujarnya.

Rasnidah menceritakan, di era dunia yang semakin berkembang ini, para pelaku kejahatan banyak memanfaatkan pelajar sebagai objek sasaran utama untuk mengedarkan narkoba dan obat-obatan terlarang. Bahkan dijadikan bagian objek untuk prostitusi dan akhirnya terjerumus dalam seks bebas.

Untuk itu, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman pada pelajar, tentang upaya pencegahan narkoba, penyakit menular seperti HIV/AIDS.

Sementara itu Ketua DPPPA Kota Bima Muhammad Nor A Madjid mengungkapkan, penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini semakin meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut, tentu akan membahayakan keberlangsungan hidup generasi bangsa.

“Pelajar sebagai generasi tidak boleh rapuh dan tergoda oleh zat-zat adiktif penghancur syaraf seperti narkoba, serta pergaulan bebas. Maka pelajar sebagai calon pemuda tangguh, harus berpikir jernih dalam menghadapi berbagai situasi,” katanya.

Mantan Kepala Bakesbangpol itu menambahkan, untuk memerangi bahaya narkoba dan PMS tersebut, bukan menjadi tanggungjawab dan tugas pemerintah semata. Peran orang tua, guru serta masyarakat juga diperlukan untuk mewaspadai ancamannya.

“Kepada anak-anakku, jauhi narkoba karena narkoba akan merusak kesehatan, mental dan masa depan. Selektif lah dalam pergaulan, lakukan aktivitas yang positif, bentengi diri dengan agama dan akhlak,” imbaunya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *