oleh

Bakesbangpol Belajar Penanganan Konflik Sosial di Batam

-Kabar Bima-3 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melakukan studi banding di Kota Batam, guna membahas dan mendiskusikan penanganan konflik sosial.

Kabid Pengembangan Nilai Kebangsaan Bakesbangpol Kota Bima, Amirudin. Foto: Eric
Kabid Pengembangan Nilai Kebangsaan Bakesbangpol Kota Bima, Amirudin. Foto: Eric

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 1-2 Juni lalu, dijadikan acuan serta langkah Bakesbangpol dalam mengambil tindakan dalam penanganan konflik di daerah.

“Studi banding tersebut, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi terjadinya konflik sosial. Sebab, konflik sosial menjadi salah satu penyebab terhambatnya pembangunan di Indonesia,” ujar Kabid Pengembangan Nilai Kebangsaan Bakesbangpol Kota Bima, Amirudin kepada Kahaba.net Kamis (9/6).

Pada kegiatan tersebut, disampaikan tentang sosialisasi tim terpadu penanganan konflik sosial, bahaya narkoba dan juga teroris. Dimana setiap instansi diberikan gambaran bagaimana cara penanganan di lapangan, agar dapat dilaksanakan sesuai instruksi dan aturan dari pemerintah.

“Sosialisasi ini sangat penting dan strategis, sehingga bisa dilakukan rencana aksi yang optimal,” katanya.

Berdasarkan hasil studi banding tersebut, pihaknya berkeyakinan bisa menyerap semua apa yang disampaikan. Sehingga bisa dilaksanakan pada setiap daerah bila terjadi konflik sosial, bahaya narkoba maupun teroris, pemerintah bisa mengambil langkah konkrit dalam upaya menjaga ketertiban dan kamtibmas.

Melalui pertemuan di Batam tersebut, terbangun komunikasi dan koordinasi yang maksimal pada instansi bakesbangpol se-Indonesia. Baik itu kesepahaman visi, misi dan persepsi serta strategis dalam mengantisipasi dan menangani konflik sosial, bahaya narkoba dan teroris.

*Eric

Komentar

Kabar Terbaru