Dispar Minta Masyarakat Kerjasama Jaga Keamanan Destinasi Wisata

Kabupaten Bima, Kahaba.- Destinasi wisata di wilayah Kabupaten Bima terbilang cukup banyak. Mulai dari ujung barat Kecamatan Tambora, ujung Selatan Kecamatan Langgudu dan Monta, ujung utara Kecamatan Wera dan Ambalawi hingga ujung timur Kecamatan Wawo dan Sape. Destinasi ini meliputi pantai maupun air terjun dan obyek wisata lainnya.

Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Abdul Haris. Foto: Istimewa

“Untuk melestarikan dan menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung diberbagai obyek wisata tersebut, tentu perlu dibangun kerjasama yang intens antara pemerintah daerah dan masyarakat sekitar obyek wisata tersebut,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima melalui Kabid Pemasaran Abdul Haris, Senin (23/4).

Menurutnya, di daerah manapun obyek wisata akan banyak pengunjung ketika rencana dan program pemerintah di-follow up dengan baik oleh masyarakat sekitar obyek wisata. Karenanya, masyarakat melalui organisasi pemerhati wisata dan organisasi lainnya punya peran penting dalam melestarikan dan menjaga keamanan obyek wisata tersebut.

“Selain mmenghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), banyaknya pengunjung dalam sebuah obyek wisata juga akan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat sekitarnya,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Bima sangat berharap kerjasama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para pengunjung maupun penikmat wisata. Serta mengurangi dan menghilangkan hal-hal negatif yang sering terjadi selama ini.

Berbagai obyek wisata kata dia, seperti Pantai Lariti, seperti air terjun Tambora, Bombo Ncera, Pantai Wane, Pantai Rontu dan obyek wisata lainnya dapat membantu ekonomi masyarakat kalau dikelola dengan baik dan bijak oleh masyarakat sekitar.

“Sebenarnya masyarakat bisa mendapatkan pendapatan dari uang parkir, karcis dan penyewaan fasilitas yang ada di dalam area wisata, kalau area wisata tersebut dijaga dan dikelola dengan baik,” pintanya.

*Kahaba-05  

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *