Penarikan Siswa Prakerin SMKN 1 Kempo, Babuju Mandiri Sepakati Kerjasama Kemitraan

Kota Bima, Kahaba.- Kerjasama di bidang budidaya perikanan air tawar dan pemasaran disepakati oleh Babuju Mandiri dan SMKN 1 Kempo Kabupaten Dompu. Kesepakatan kerjasama itu dibicarakan pada saat penarikan siswa-siswi Praktek Kerja Industri (Prakerin) SMKN 1 Kempo di Lokasi Kolam Budidaya Ikan air Tawar Babuju Mandiri, Keluarahan Santi Kota Bima, Jumat pagi (3/5).

Foto bersama usai penarikan siswa Prakerin SMKN 1 Kempo di lokasi budidaya Babuju Mandiri. Foto: Ist

Wakasek Bidang Kesiswaan Sukarmin menjelaskan, untuk mewujudkan SMK Bisa, dibutuhkan networking yang luas dan kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak.

“SMK adalah sekolah kejuruan yang mendidik siswa untuk langsung bisa terjun ke lapangan kerja. Untuk itu dibutuhkan kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk dengan Babuju Mandiri,” katanya.

Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Kempo Kabupaten Dompu, didampingi Ketua Tim Penjemputan Siswa Prakerin, Awan Jumrawansyah merasa bangga dengan perkembangan sikap dan kemajuan siswa didiknya setelah Prakerin kali ini. Hal ini diamini pula oleh Tim Monitoring sekaligus Guru Pembimbing siswa Prakerin SMKN 1 Kempo, Rahmatia.

Menurutnya, ada perubahan yang signifikan jika mendengar hasil evaluasi tim monitoring. Baik soal pemahaman pendederan ikan air tawar maupun soal sikap dan perilaku melakukan usaha budidaya ikan air tawar.

“Ini sebuah hasil yang luar biasa menurut kami. Untuk itu, Kepala Sekolah kami Bapak Adam, menyampaikan ungkapan terima kasih yang tak terhingga atas semua ilmu dan didikan terhadap siswa kami di Babuju Mandiri,” tutur Awan dihadapan siswa Prakerin yang ditarik hari ini.

CEO Babuju Mandiri Julhaidin menyambut baik kerjasama ini. Sebagai komunitas yang memiliki kelompok pendampingan dan kelompok produksi, jalinan kerjasama kemitraan menjadi mutlak dilakukan dengan berbagai pihak.

“Tentu saja, kami menyambut baik dan antusias atas rencana kerjasama kemitraan seperti ini. Sebab, kegiatan wirausaha tidak akan berkembang dan maju bila dilakukan sendiri meski sifatnya mandiri,” jelasnya..

Kata dia, siswa – siswi Prakerin SMKN 1 Kempo mulai melaksanakan kegiatan Prakerin per tanggal 4 Maret 2019 hingga 4 Mei 2019 di Babuju Mandiri. Sebelumnya, siswa Prakerin SMKN 1 Langgudu Kabupaten Bima juga melakukan hal yang sama. Yaitu Prakerin siswa-siswi yang baru saja ditarik pada 2 April yang lalu, terhitung mulai 2 Februari.

Tahun 2018 yang lalu, kegiatan Prakerin di Kolam Budidaya Ikan Air Tawar Babuju Mandiri dilaksanakan oleh SMKN 11 Wera selama 2 bulan.

“Alhamdulillah, dalam 2 tahun terakhir, Babuju Mandiri menjadi lokasi Prakerin siswa SMKN Kelautan dan Perikanan baik dari Bima maupun dari Dompu. Semoga siswa Prakerin disini, bisa menepatgunakan ilmu yang didapatkannya di Desa dan wilayahnya masing-masing. Sehingga apa yang dilakukan oleh kami dapat dikembangkan dan dilanjutkan oleh siswa-siswa dimasa yang akan datang,” harap pria yang biasa disapa Rangga Babuju.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *