Konsep Ratu Raga Mantika, Perkim Ekspos Program Kotaku Skala Kawasan

Kota Bima, Kahaba.- Jajaran Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Bima menghadap Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan, Selasa (20/8) untuk mengekspos rencana kegiatan Pemerintah Kota Bima untuk skala kawasan pada program Kotaku.

Plt Kepala Dinas Perkim saat memaparkan rencana program Kotaku di hadapan Wakil Walikota Bima. Foto: Ist

Kabid Kawasan Pemukiman dan Perumahan Dinas Perkim Kota Bima Pujawan menjelaskan, pada rencana program ini pihaknya mengangkat konsep Ratu Raga Mantika.

“Ratu Raga Mantika Itu nama kawasan yang meliputi 4 Kelurahan, masing – masing Kelurahan Rabadompu Barat, Rabangodu Utara, Penaraga dan Rontu. Itu yang kita buat dalam Detail Engineering Design (DED),” ungkapnya, usia ekspos.

Usai memaparkan rencana itu kata Pujawan, besok bersama tim akan mengekspos rencana program tersebut di pemerintah provinsi. Kemudian dilanjutkan ekspose di Kementrian PUPR, untuk menindaklanjuti penyusunan DED.

Dijelaskannya, pelaksanaan rencana program itu pada tahun 2020, menggunakan anggaran program Kotaku dengan estimasi sebesar Rp 23 miliar.

Kabid Kawasan Pemukiman dan Perumahan Dinas Perkim Kota Bima Pujawan. Foto: Bin

“Program ini berbeda dengan pekerjaan Kotaku pada 6 kelurahan tahun 2019, karena itu skala lingkungan,” tuturnya.

Diakui Pujawan, jenis pekerjaan skala kawasan itu adalah infrastrukur. Indikatornya ada pada 7 plus 1 jenis kekumuhan, seperti pekerjaan jalan, drainase, air bersih, limbah, sampah dan ruang terbuka publik.

Dari rencana program ini, tentu diharapkan keterlibatan dari masyarakat. Nama Mantika diusung dalam konsep tersebut, agar masyarakat juga bisa merasa memiliki infrastruktur yang sudah dibangun dan bisa menjaganya dengan baik.

Pada kesempatan itu Pujawan juga mengungkapkan jika Wakil Walikota Bima menyambut gembira rencana program Kotaku skala kawasan. Diharapkannya juga agar ditingkatkan dengan keberadaan program yang lain. Demikian juga yang harus dilakukan kepada masyarakat selaku penerima manfaat.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *