oleh

5 Desa di Bolo Dapat Rekomendasi Pencairan Dana Desa Tahap III

-Kabar Bima-13 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Geliat pembangunan di desa-desa terus digenjot. Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, dari total 14 desa yang ada, sebanyak 5 desa sudah mendapatkan rekomendasi pencairan alokasi anggaran Dana Desa untuk tahap III.

Ketua Divisi Sekretariat Klinik Desa Kecamatan Bolo H Gunawan. Foto: Yadien

Kasi Pemerintahan Kecamatan Bolo, H Gunawan mengatakan, sampai saat ini ada 5 desa di kecamatan setempat yang mendapatkan rekomendasi pencairan dana desa tahap III. Masing – masing Desa Nggembe, Desa Leu, Desa Bontokape, Desa Darusalam dan Desa Rato.

“Dari jumlah 15 desa, baru 5 desa yang mendapat rekomendasi pencairan dari kami. Sementara 9 desa lainnya, masih dalam tahap penyelesaian administrasi penggunaan Dana Desa tahap sebelumnya,” ujar Gunawan.

Menurut dia, jika LPJ penggunaan Dana Desa tahap I dan II rampung, pihaknya akan memonitoring yakni memadukan data adminstrasi dan fisik. Dari hasil tersebut bisa memberikan rekomendasi pencairan atau tidak.

“Hasil itu menentukan apakah sudah bisa diberikan rekomendasi atau tidak,” jelasnya.

Untuk memonitoring dan memadukan data penggunaan dana desa, pihaknya membentuk 3 tim. Yakni tim ferifikasi, monitoring dan evaluasi.

Ia berharap, bagi desa yang belum menyelesaikan LPJ penggunaan Dana Desa tahap I dan II agar segera dilesaikan dan mengajukan evaluasi. Sehingga bisa dimonitoring secepatnya.

“Saat ini rencana kita monitoring di Rasabou. Yakni sesuai permintaan Pemdes setempat,” ungkap dia.

*Kahaba-10

Komentar

Kabar Terbaru