oleh

Walikota Bima Resmikan Rumah Aspirasi Pemberdayaan Perempuan

-Kabar Bima-4 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Walikota Bima HM Lutfi meresmikan Rumah Aspirasi Pemberdayaan Perempuan, sebagai program inovasi dan wadah kaum perempuan dalam mengembangkan kemampuannya.

Walikota Bima HM Lutfi memukul gong menandai diresmikannya Rumah Aspirasi Pemberdayaan Perempuan. Foto: Eric

Peresmian rumah yang bertempat di Kelurahan Rabadompu Barat, Senin (25/11) itu dihadiri Ketua TP PKK Kota Bima Hj Ellya HM Lutfi, Perwakilan Forkominda, OPD, Camat, Lurah, tokoh masyarakat, pemuda dan kaum perempuan.

Kepala DPPPA Kota Bima H Ahmad menyampaikan, rumah aspirasi pemberdayaan perempuan dibangun karena saat ini peran perempuan masih belum optimal dan terbatasnya kesempatan untuk mengembangkan diri. Sehingga dalam mewujudkan kemandirian hidup dan pemenuhan hak perempuan, maka rumah aspirasi ini menjadi sangat penting sebagai fasilitator.

“Dari rumah aspirasi pemberdayaan perempuan ini ke depan dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi perempuan untuk terciptanya perempuan yang tangguh, berakhlak serta berdaya saing,” ujarnya.

Dari rumah aspirasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan nilai-nilai dasar agama, sosial dan budaya sebagai bekal dan pembelajaran dalam kehidupan keluarga serta bermasyarakat. Juga sebagai sarana aspirasi dan tukar pikiran dalam menjalankan setiap aspek kehidupan.

“Dengan adanya rumas aspirasi ini, kami yakin mampu mewadahi dan memfasilitasi ide dan gagasan kaum perempuan guna mendukung pengembangan diri dan peran serta perempuan dalam kehidupan sosial,” katanya.

Menurut Ahmad, dari rumah aspirasi ini pula pihaknya akan memprogramkan peningkatan kapasitas, pelatihan dan keterampilan guna meningkatkan kompetensi dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi, sosial dan budaya bagi kaum perempuan. Kemudian dari aspek keagaman, juga dapat meningkatkan Iman dan Taqwa (Imtaq) melalui kegiatan pengajian dan ceramah khusus bagi kaum perempuan.

“Perempuan memiliki peranan penting dalam pembangunan sebuah daerah, maka dari itu keterlibatannya sangat dibutuhkan melalui sumbangsih ide dan gagasan dalam membangun daerah,” imbuhnya.

Sementara itu Walikota Bima HM Lutfi menambahkan, dengan adanya rumah aspirasi pemberdayaan perempuan ini maka diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kompetensi serta membentuk kaum perempuan yang berbudi pekerti, berkarakter, beriman dan bertaqwa.

Rumah aspirasi ini juga dapat dikembangkan sebagai wadah hasil ide, inovatif dan kreatifitas dari kaum perempuan. Sehingga bukan hanya menampung permasalahan yang tengah terjadi, namun dapat menciptakan lapangan pekerjaan sesuai program Pemerintah Kota Bima.

“Rumah aspirasi menjadi tempat berkumpulnya masyarakat untuk menuangkan ide dan pikiran dalam mengembangkan setiap potensi yang dimiliki. Sehingga ini bisa menjadi awal untuk membangun daerah lewat partisipasi perempuan,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru