oleh

348 Siswa Ikut Kompetisi Sains Nasional Tingkat SD/MI Kecamatan

-Kabar Bima-1 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Untuk mencari siswa berbakat pada mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), jajaran Dinas Dikbud Kota Bima menyelenggarakan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat SD/MI Kecamatan se-Kota Bima, di SDN 29 Kota Bima Sabtu (29/2).

Kabid Dikdas Dinas Dikbud Kota Bima Gufran saat memantau pelaksanaan KSN di SDN 29 Kota Bima. Foto: Eric

Sekretaris Dinas Dikbud HM Yamin menyampaikan, lomba KSN diikuti 348 siswa. Dilaksanakan merujuk pada aturan Permendikbud Nomor 45 Tahun 2019 tentang organisasi dan tata kerja.

Kompetisi ini merupakan kegiatan pendidikan dasar dan menengah, di bidang sains yang di atur dengan seperangkat regulasi dalam kerangka sistem kompetisi untuk menentukan juara.

“Lomba ini untuk mencari siswa berbakat dan berpretasi khusus di mata pelajaran Matematika dan IPA,” ujarnya.

Yamin menuturkan, KSN diselenggarakan selain sebagai upaya meningkatkan kompetensi sains, teknologi dan matematika, juga sesungguhnya wahana untuk menumbuhkan karakter, siswa yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif tangguh dan cinta tanah air.

Sementara itu, Kabid Dikdas Gufran menambahkan, selama lomba berlangsung siswa akan mengerjakan soal yang telah disiapkan panitia. Untuk mata pelajaran Matematikan, bentuknya 25 soal pilihan berganda dan 5 soal esai. Sedangkan mata pelajaran IPA berupa 30 soal pilihan berganda, dengan total waktu 120 menit.

“Bagi pemenang lomba, akan wakili kecamatan untuk lomba tingkat Kota Bima. Lalu akan dilanjutkan di tingkat Provinsi NTB hingga nasional,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru