Walikota Bima Serahkan APD untuk RSUD dan PKM Paruga

Kota Bima, Kahaba.- Walikota Bima HM Lutfi didampingi Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan menyerahkan Alat Pelengkap Diri (APD) ke Direktur RSUD Kota Bima dan Kepala Puskesmas (PKM) Paruga, di aula Kantor Walikota Bima, Selasa (7/4).

Walikota Bima dan Wawali foto bersama usai penyerahan APD. Foto: Dok Hum

Kepala Dikes Kota Bima H Azhari menyampaikan, APD lengkap yang diberikan ke RSUD dan PKM ada sebanyak 100 set. APD ini berupa masker, sarung tangan steril dan non steril, sepatu boat, kaca penutup muka, hazmet.

“Bantuan yang diserahkan ini berupakan barang pengadaan Dikes,” ujarnya.

Selain APD kata Azhari, diberikan juga hand sanitizer 50 botol dan sabun pembersih tangan 120 botol. Kemudian ada juga rapid tes sebanyak 2.000 yang diberikan ke RSUD dan seluruh PKM di Kota Bima.

Untuk pengadaan APD ini disediakan anggaran senilai Rp 3,2 miliar. Senilai Rp 1,2 miliar bersumber dari dana tak terduga dan Rp 2 miliar dari dana pergeseran program kegiatan di Dinas Kesehatan.

“Kami targetkan APD yang didatangkan hingga 3.000 set,” katanya.

Sementara itu Walikota Bima HM Lutfi dalam sambutannya meminta kepada RSUD dan PKM untuk memanfaatkan APD semaksimal mungkin di tengah keterbatasan yang ada.

“Pakai seperlunya dan hindari pemborosan. Jangan sampai APD ini cepat habis,” sarannya.

Lutfi berpesan kepada tenaga medis untuk mampu mengidentifikasi masyarakat, apakah yang diperiksa memiliki riwayat perjalanan luar daerah atau di daerah terjangkit atau tidak.

“Kalau ada warga yang memiliki gejala dan punya riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, maka harus pakai APD lengkap. Jika tidak, maka cukup pakai masker dan sarung tangan. Ini supaya tidak boros,” tandasnya.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *