oleh

Budaya Gotong Royong di Desa Riamau Masih Terjaga

-Kabar Bima-0 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Kehidupan gotong royong masyarakat di Desa Riamau Kecamatan Wawo terus tumbuh berkembang dan tidak terpengaruh oleh arus zaman. Ini ditunjukan dengan dilaksanakanya kerja bakti dengan gotong royong membersihkan sepanjang jalan desa sejauh 10 Km, Senin kemarin.

Masyarakat Desa Riamau saat gotong rotong di sepanjang jalan desa setempat. Foto: Ist

Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahun. Setidaknya 2 kali dalam setahun dan disesuaikan dengan kebutuhan, seperti perbaikan ringan apabila ada kerusakan, pembersihan longsoran tanah serta pembersihan semak belukar disisi kanan dan kiri jalan.

Puluhan masyarakat dengan mengunakan mobil pick up, sepeda motor menyusuri sepanjang jalan desa kurang lebih sejauh 10 Km. Kegiatan ini pun dipimpin langsung oleh kepala desa setempat.

Kades Riamau Adisan mengatakan, kerja bhakti ini adalah agenda rutin yang dilaksanakan oleh masyarakat dan pemerintah desa yang dilaksanakan berdasarkan kebutuhan.

“Sumber dana dan pelaksanaanya dengan swadaya masyarakat,” katanya.

Seperti misalnya yang dilaksanakan saat ini yaitu pembersihan semak belukar di sisi kanan dan kiri jalan, dengan dilakukan penyemprotan dan perambahan semak belukar yang membatasi pandangan penguna jalan.

“Pemeliharaan ini diharapkan kondisi jalan terus terjaga dan meminimalisir terjadinya kecelakaan,” urainya.

Kegiatan ini juga dalan rangka terus menumbuhkan rasa kebersamaan antara sesama masyarakat dan juga dengan pemerintah desa, dengan pandangan bahwa tanggungjawab terhadap pembangunan desa itu melekat pada semuanya.

“Karena kebersamaan merupakan kunci dalan membangun desa ini,” tandasnya.

*Kahaba-08

Komentar

Kabar Terbaru