Minimalisir Resiko Kejahatan, Pemkot Bima Pasang CCTV di Jalan Strategis

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Kominfo Kota Bima memasang CCTV pada sejumlah titik-titik jalan utama dan strategis di Kota Bima. Tujuannya, untuk merekam tindak kejahatan dan kejadian-kejadian tak terduga di jalan raya.

Ilustrasi

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima H A Malik menyebutkan, ada 9 titik jalan yang akan dipasangi CCTV, masing-masing Jalan Soekarno Hatta, Jalan Gajah Mada, Jalan Gatot Subroto, Jalan Sudirman, Jalan Kedondong, Jalan Soncotengge Kumbe, Jalan Imam Bonjol dan Jalan Datuk Dibanta.

“9 jalan ini merupakan awal dari pemasangan CCTV. Nantinya, akan dipasang lagi terutama di tempat-tempat publik,” katanya, Jumat (18/9).

Menurut Malik, adapun tujuan pemasangan CCTV ini untuk menangkap secara detail visual pelanggar lalu lintas, merekam tindak kejahatan, meminimalisir resiko kejahatan, hingga merekam kejadian-kejadian tak terduga di jalan raya.

Jadi nanti sambungnya, akan ada sensor yang merespon kecepatan kendaraan ketika lampu kuning pada traffick light menyala. Jadi pengendara harus hati-hati ketika sudah kuning, kecepatan kendaraan sudah harus diturunkan.

“Selain itu, pelanggar lalu lintas juga akan diingatkan secara langsung ketika petugas memantaunya dari CCTV,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk tahap awal ada 3 titik yang akan diujicoba terlebih dahulu yakni di Lapangan Serasuba, perempatan Bulog dan depan RS Dokter Agung Rabadompu Kota Bima.

Dengan dipasangnya CCTV ini, diharapkan akan banyak persoalan di jalan raya yang bisa diminimalisir, sehingga kecelakaan dan tindakan kejahatan dicegah lebih dini.

*Kahaba-01

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *