oleh

Hujan Deras Angin Kencang, Masyarakat Diimbau Tingkatkan Kewaspadaan Dini

-Kabar Kota Bima-Dibaca 409 kali

Kota Bima, Kahaba.- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima mengimbau agar masyarakat yang menjalani aktivitas di luar rumah untuk lebih waspada. Pasalnya, curah hujan tinggi dan angin kencang menyebabkan jalan licin hingga pohon tumbang.

Hujan Deras Angin Kencang, Masyarakat Diimbau Tingkatkan Kewaspadaan Dini - Kabar Harian Bima
Kepala bpbd kota bima hj zaenab. Foto: bin

“Kami imbau masyarakat untuk ekstra hati-hati dalam beraktivitas, karena saat ini sudah mulai masuk musim hujan,” ujar Kepala BPBD Hj Zaenab, Rabu (24/11).



Berdasarkan hasil koordinasi dan data yang disampaikan BMKG Bima kata dia, curah hujan terjadi pada akhir Oktober hingga November ini merupakan bagian dari masa transisi. Artinya peralihan dari musim panas ke musim hujan diperkirakan sampai awal bulan Desember.

“Volume meningkatnya curah hujan berdasarkan hasil prakiraan cuaca itu mulai pertengahan Desember, hingga puncaknya di bulan Januari dan Februari,” katanya.

Mantan Kepala Bappeda itu menambahkan, tahun 2022 nanti untuk curah hujan juga meningkat dari 20 hingga 70 persen dengan durasi yang cukup lama. Artinya disaat puncak seperti ini masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi bencana.

“Untuk terus memantau kondisi perkembangan cuaca, akan memanfaatkan sejumlah perangkat yang dapat menginformasikan kondisi terkini. Di antaranya sistem peringatan dini, relawan TSBK dan PTTB yang senantiasa memantau kondisi di lapangan,” tambahnya.

*Kahaba-04


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru