616 Masyarakat Ikut Operasi Katarak Gratis

Kabar Kota Bima1144 Dilihat

Kota Bima, Kahaba.- Dikes Kota Bima dan Dikes Kabupaten Bima bersama Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami), Dikes Provinsi NTB serta Fred Hollows Foundation (FHF) menggelar Bhakti Sosial operasi katarak gratis yang dipusatkan di RSUD Kota Bima, selama tiga hari sejak Jumat sampai Minggu (25-27/11).

616 Masyarakat Ikut Operasi Katarak Gratis - Kabar Harian Bima
Foto bersama usai operasi katarak gratis di RSUD Kota Bima. Foto: Ist

Kabid P2PL Dikes Kota Bima Hj Fitriani menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah guna membantu dan mensejahterakan masyarakat dalam upaya pemberantasan kebutaan.



“Mengingat kegiatan mendapat respon positif dan antusiasme dari masyarakat, maka kami akan berupaya dapat terus dilaksanakan setiap tahun,” ujarnya.

Baca:   Gerak Cepat, Dikes Temui Penderita Kanker Payudara Akut

Ia menjelaskan, operasi seperti ini tentu sangat membantu masyarakat yang memiliki ekonomi, karena tidak mengeluarkan biaya. Kemudian yang tidak kalah penting masyarakat yang mendapat pengobatan katarak itu penyembuhannya relatif cepat.

“Guna memastikan kondisi pasien yang mengikuti tahapan operasi, sebelumnya petugas telah melakukan skrining, kemudian sudah bisa menjalani operasi katarak,” katanya

Baca:   Mencuri, Oknum Pegawai Honorer Dikes Diringkus Polisi

Sementara itu, Dikes Kabupaten Bima melalui Kabid P2P Alamsyah menambahkan, sesuai jadwal kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, melibatkan 24 petugas kesehatan. Di antaranya 9 dokter spesialis yang membantu pelaksanaan operasi.

Untuk jumlah warga yang menjalani operasi katarak berjumlah 616 warga, yang terdiri dari 150 warga Kota Bima dan 466 orang Kabupaten Bima.

Baca:   Pemkot Bima dan PT PLN Gelar Operasi Katarak Gratis

*Kahaba-04


Komentar