Pemilu

KPU Kabupaten Bima FGD Bahas Kebijakan Pemungutan Suara Pemilu 2024

2590
×

KPU Kabupaten Bima FGD Bahas Kebijakan Pemungutan Suara Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Guna menyiapkan perumusan kebijakan pemungutan dan perhitungan suara pada pemilu serentak Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Mutmainah, Minggu 25 Juni 2023.

KPU Kabupaten Bima FGD Bahas Kebijakan Pemungutan Suara Pemilu 2024 - Kabar Harian Bima
Kegiatan FGD KPU Kabupaten Bima di Mutmainah Home Stay. Foto: Ist

Pelaksana harian (Plh) Ketua KPU Kabupaten Bima Ady Supriadin menyampaikan, agenda yang dihadiri perwakilan organisasi kemasyarakatan, partai politik dan stakeholder lainnya untuk mendapatkan rumusan pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilu Tahun 2024.

KPU Kabupaten Bima FGD Bahas Kebijakan Pemungutan Suara Pemilu 2024 - Kabar Harian Bima

“Agenda ini agar para peserta yang hadir dapat berdiskusi dengan kami, sehingga ke depan Pemilu dapat berjalan dengan baik dan hasilnya nanti akan disampaikan pada KPU RI,” ujarnya.

Ady menjelaskan, terkait pungut hitung perlu kiranya lebih awal dirumuskan seperti apa rancangan yang akan dibakukan dalam bentuk PKPU. Rumusan pungut hitung ini pastinya menjadi penting untuk dibahas dan diskusikan, agar pada akhirnya nanti dapat diformulasikan tata cara yang tepat terkait tata cara pungut dan hitung.

“Kami berharap pada peserta yang hadir dapat secara aktif memberikan gagasan maupun pandangan terkait seperti apa rumusan pungut hitung Pemilu serentak tahun 2024 mendatang,” katanya.

Ady menambahkan, KPU Kabupaten Bima saat ini telah menyelesaikan sejumlah tahapan program kegiatan, di antaranya pleno DPT, verifikasi dokumen Bacaleg dari Parpol serta agenda lainnya.

“Pada hari ini juga kami melaksanakan tahapan persiapan logistik,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi, jumlah DPT Kabupaten Bima Pemilu 2024 sebanyak 376.511. Ada peningkatan DPT sebanyak 10.761 dari Pemilu tahun 2019 lalu sebanyak 365.750.

*Kahaba-04