Pemilu

Masa Tenang, Bawaslu Bima Warning Media Massa

446
×

Masa Tenang, Bawaslu Bima Warning Media Massa

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Masa tenang Pemilu 2024 telah dimulai hari ini, Minggu 11 Februari hingga 13 Februari 2024. Pada 3 hari sebelum pemungutan dan penghitungan suara ini, peserta Pemilu tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas kampanye, begitu juga dengan media massa agar tidak memuat iklan kampanye peserta Pemilu.

Masa Tenang, Bawaslu Bima Warning Media Massa - Kabar Harian Bima
Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Bima Hasnun. Foto: Ist

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Bima Hasnun mengungkapkan,  pada masa tenang tidak diperbolehkan bagi Pasangan Calon/Tim paslon, partai politik, Calon DPR, DPD maupun calon DPRD.

“3 hari menjelang Pemungutan dan Penghitungan suara kami mengimbau kepada para peserta Pemilu agar tidak melakukan aktivitas kampanye, pun demikian dengan teman-teman insan pers agar tidak memuat iklan kampanye,” imbaunya.

Hasnun menyampaikan bahwa di masa tenang juga jangan sampai ada praktik politik uang dengan menjanjikan atau memberikan imbalan baik berupa uang atau barang dengan tujuan mempengaruhi pemilih sebagaimana yg tercantum pada UU 7 tahun 2017 pasal 278 (2) maka sanksinya bisa dipidana (pasal 532/2), lebih lanjut hal tersebut di atur dalam PKPU 15 tahun 2023 sebagaimana telah diubah menjadi PKPU 20 tahun 2023 pasal 27 ayat 1 sampai dengan ayat 4.

Untuk itu ia berharap, di masa tenang biarkan pemilih benar-benar merasa tenang dan berkontemplatif untuk menentukan pilihannya berdasarkan program maupun visi misi yang disampaikan para peserta pemilu selama masa kampanye.

*Kahaba-01